Main Article Content

Abstract

Iklan politik luar ruang merupakan media yang sering digunakan para bakal calon yang akan bertarung di Pilkada. Sebagai media informasi dalam ajang pilkada diyakini sebagai cara ampuh untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat pemilih calon pemimpin dan visi misinya. Metode yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dengan mengamati iklan-iklan dalam bentuk spanduk yang berisi photo dan jargon politik calon pemimpin dalam pilkada kota Medan 2020. Hasil penelitian adalah spanduk iklan menampilkan informasi utama berupa photo bakal calon dan tagline sesuai dengan visi yang ditawarkan. Sasaran audiens spanduk iklan bakal calon adalah masyarakat umum.

Keywords

Iklan Luar Ruang Media Massa

Article Details

How to Cite
Hisan , K., & Azhar , A. A. (2020). Trend Iklan Politik Luar Ruang Dalam Ruang Media Massa. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 11(2), 80-84. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i2.2543

References

  1. Boer, K. M. (2014). Iklan Partai Politik dan Politik Media. Jurnal Visi Komunikasi, 13(2). http://dx.doi.org/10.22441/jvk.v13i2.1660.
  2. Cangara, H. (2018). Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi Edisi Revisi 2016 (cet. 6). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  3. Darmawan, F. (2018). Modalitas Visual Komunikasi Politik Iklan Pilkada Kota Bandung 2018. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 56–65. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3155.
  4. Hikmat, M. M. (2019). Komunikasi Politik Dalam Pilkada Langsung Teori dan Praktik Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
  5. Kaid, L. L. (Ed.). (2004). Handbook of Political Communication Research. Lawrence Erlbaum Associates.
  6. O’Shaughnessy, N. (2001). The Marketing of Political Marketing. European Journal of Marketing, 35(9/10), 1047–1057. https://doi.org/10.1108/03090560110401956
  7. Suryono, J., Astuti, P. I., Rahayu, N. T., Hariyanto, H., & Widayati, M. (2019). Karikatur Iklan Politik Media Luar Ruang Jangan Membeli Kucing Dalam Karung. Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(1), 46. https://doi.org/10.14421/pjk.v12i1.1539.
  8. Tabroni, R. (2012). Etika Komunikasi Politik dalam Ruang Media Massa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 105–116. https://doi.org/10.31315/jik.v10i2.122
  9. Tinarbuko, S. (2011). Menakar Iklan Politik Pemilu 2009. Nirmana, 11(2). https://doi.org/10.9744/nirmana.11.2.pp.%20114-124.