Main Article Content

Abstract

Perkembangan dari keilmuan komunikasi dan keislaman berefek kepada pandangan komunikasi secara umum dan kepada konsep-konsep keislaman, diantaranya Komunikasi interpersonal atau disebut juga komunikasi antar pribadi memiliki keterkaitan dalam bidang komuinkasi islam, di tinjau dari berbagai aspek diantara nya pada hubungan antar sesama manusia. Al-Qur’an menyebutkan berbagai makna terkait hubungan antara sesama manusia dalam hal ini disebut sebagai komunikasi interpersonal yaitu konsep Qaulan Sadidan, Qaulan Maysura, Qaulan Layyinan, Qaulan Kariman, Qaulan Ma’rufa dan Qaulan Baligha. Kaitan dengan hal ini penulis akan membahas lebih lanjut tentang urgensi komunikasi interpersonal dalam bingkai komunikasi islam terhadap pustakawan, sebagai seorang pengelola perpustakaan yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang di berbagai leteratur seperti jurnal, buku dan lain-lain. Metode literature reviu, yaitu mengkaji konsep komunikasi interpersonal dari buku dan jurnal hasil penelitian. Data dari hasil penelitian ini dianalisa secara kualitatif, artinya data kepustakaan dianalisis secara mendalam, holistik, dan komprehensif dengan teknik analisis content. Ditinjau dari teori-teori komunikasi interpersonal dalam perspektif komunikasi Islam, lebih fokuskan kepada proses penyampaian pesan atau informasi dari pustakawan, dengan menggunakan kaedah dan prinsip komunikasi yang berdasarkan kepada Alquran dan Hadis. Proses penyampaian pesan kepada audien secara langsung atau melalui media menjunjung kebenaran yang diajarkan oleh agama dikolaborasikan dalam bentuk pelayanan seorang pustakawan. Dalam proses ini seorang pustakwan dapat lebih menerapkan bentuk komunikasi interpersonal kepada para pembaca dengan berlandaskan kepada Al-Qur’an. 

Keywords

Komunikasi Interpersonal Komunikasi Islam Pustakawan

Article Details

How to Cite
Mustofa, M. B., Wuryan, S., & Rosidi. (2020). Urgensi Komunikasi Interpersonal Dalam Al-Qur’an Sebagai Pustakawan. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 11(2), 85-94. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i2.2544

References

  1. Altman and Taylor. (1973). Social Penetration: The Development of Interpersonal Relationship. New York : Rinehart & Winsto
  2. Ayish, M., I., (2003), Beyond Western- Oriented Communication Theories: A Normative Arab Islamic Perspective, Journal of the European Institute for Communication and Culture ,10 (2)79 -92
  3. Cook, K.S and Rice, E., (2003), Handbook of Social Psychology, edited by John Delamater. New York : Kluwer Academic/Plenum Publishers
  4. De Vito, J., (2013). The Interpersonal Communication Book 13th edition, United States: Pearson Education Faruqi.I.R., (1984). Dakwah Islam dan Misi Kristen Sebuah Dialog Internasional. Ahmad Von Denffer dan Emilio Castro, eds., terj. Ahmad Noer Z. Bandung: Risalah
  5. Fajar, M. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009)
  6. Hefni, H., (2017), Komunikasi Islam, Jakarta : Prenadamedia Group Islami, D.I, (2013), Konsep Komunikasi Islam Dalam Sudut Pandang Formula Komunikasi Efektif, Wacana , XII (1), 41-66
  7. Kazim, S., (2013) The Concept of Communication in Islam, Sayedee's Conviction: A Travesty of Justice. L (51).
  8. Khalil, A.I.A.E., (2016), The Islamic Perspective of Interpersonal Communication, Journal of Islamic Studies and Culture, 4, (2), 22-37.
  9. Kotler, P., (2000), Marketing Management. New Jersey : Prentice Hall Intl.
  10. Kusnadi, (2014), Komunikasi dalam al-Qur’an (Studi Analisis Komunikasi Interpersonal pada Kisah Ibrahim), Intizar, 20 (2), 267-284
  11. Mubarok & Adjani, M.D., (2014), Komunikasi Antarpribadi Dalam Masyarakat Majemuk, Jakarta : Dapur Buku
  12. Mujib,A., (2017), Teori Kepribadian, Perpektif Psikologi Islam, Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
  13. Mulyana, D., (2011), Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosda Karya. Pearson, J. C.. Nelson, P.E., Titsworth, S., Harter, L., (2003), Human Communication, New york: The McGraw-Hill Companies
  14. Purwanto, D. Komunikasi Bisnis Edisi Keempat. (Jakarta: Erlangga, 2011)
  15. Rawlins, W. K. (1989). A dialectical analysis of the tensions, functions, and strategic challenges of communication in young adult friendships. In Communication yearbook 12, (pp. 157–189), J. A. Andersen (ed.), Thousand Oaks, CA: Sage.
  16. Sahlstein, E.M. (2004). Relating at a Distance: Negotiating being Together and being Apart in Long-Distance Relationships. Journal of Social & Personal Relationships, 21, 689-710
  17. Shimanoff, S. B. (1980). Communication rules: Theory and research. California: Sage Publication
  18. Suhaimi, (2012), Dakwah and Communication Programmes in Tertiary Higher Education in Indonesia: A Brief Survey, Islamiyyat, 34, 145 – 149
  19. Suryani, W., (2015), Komunikasi Transedental Manusia-Tuhan, Farabi, 12 (1), 150-163