Main Article Content

Abstract

Film Cahaya Cinta Pesantren merupakan film yang mengangkat tema tentang perjalanan santri menempuh pendidikan. Isinya menyajikan makna simbolis dan nilai-nilai yang sangat religius. Film ini diproduksi oleh fullframe pictures, mengadopsi dari novel best seller karya Ira Madan, film ini sangat ampuh sebagai berdakwah melalui media. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana makna denotasi, konotasi dan mitos dalam film cahaya cinta pesantren? Selanjutnya, pesan-pesan dakwah apa saja yang terkandung dalam film cahaya cinta pesantren? Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, dengan metode Analisis Semiotika Roland Barthes, maksudnya penulis meneliti dan mengkaji tanda-tanda dalam film dengan menganalisis simbol-simbol dan adegan-adegan yang menampilkan tentang dakwah, dalam hal ini pesan-pesan dakwah yang terkandung didalamnya. Semiotika Roland Barthes juga menekankan baik pada makna denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa pesan dakwah yang terkandung dalam film cahaya cinta pesantren diantaranya berkaitan dengan ajaran islam yakni Akidah, Syari’ah, akhlak.

Keywords

Film Cahaya Cinta Pesantren Pesan Dakwah Semiotika

Article Details

How to Cite
Syarifuddin, M., & Riyadi, A. (2021). Makna Simbolis Pesan Dakwah dalam Film Cahaya Cinta Pesantren. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 12(1), 14-31. https://doi.org/10.32505/hikmah.v12i1.2719

References

  1. Gadis.co.id. 2019. “No Title.” Gadis.Co.Id. Retrieved March 20, 2021 (https://www.gadis.co.id/sinema/cahaya-cinta-pesantren-kisah-cinta-para-santri).
  2. Hadijah, Siti. 2017. “10 Film Religi Indonesia Yang Sangat Menginspirasi.” Www.Cermati.Com. Retrieved March 20, 2021 (https://www.cermati.com/artikel/10-film-religi-indonesia-yang-sangat-menginspirasi).
  3. Iskandar, dudi sabil dan rani lestari. 2016. No Title. 1st ed. edited by E. Risanto. Yogyakarta: CV. andi offset.
  4. Rizki, Juni Wati Sri. 2016. Kepemilikan Media Dan Ideologi Pemberitaan. Deepublish.
  5. Supiandi, Haris. 2020. “DAKWAH MELALUI FILM ANALISIS SEMIOTIKA PESAN DAKWAH DALAM FILM" SANG KIAI" KARYA RAKO PRIJANTO.” DESKOVI: Art and Design Journal 3(2):109–15.
  6. wahjuwibowo MSi, Indiwan Seto. 2019. SEMIOTIKA KOMUNIKASI EDISI III: Aplikasi Praktis Untuk Penelitian Dan Skripsi Komunikasi. RUMAH PINTAR KOMUNIKASI.
  7. Wikipedia.org. 2016. “No Title.” Wikipedia.Org. Retrieved March 20, 2021 (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Cahaya_Cinta_Pesantren).