Main Article Content

Abstract

Canggihnya teknologi pada zaman sekarang berdampak pada kemudahan manusia dalam mengerjakan dan melakukan aktivitasnya. Seperti yang kita ketahui, saat ini kita tidak perlu susah-susah membeli sesuatu dengan mengunjungi lokasi perbelanjaan yang hendak dituju. Pada zaman yang serba canggih saat ini kita cukup mengunduh aplikasi belanja online, lalu kita bisa belanja kebutuhan yang kita butuhkan melalui aplikasi tersebut. Harga-harga barang dalam aplikasi tersebut juga beragam ada yang paling murah hingga paling mahal. Selain itu, kita juga bisa membeli barang-barang dari luar negeri dengan harga yang cukup murah. Pada Februari 2021, ada sebuah pagar yang sempat menjadi trending topic di Twitter, yaitu #ShoppeBunuhUMKM. Banyak juga warganet Indonesia yang ikut menulis cuitannya di Twitter perihal #ShopeeBunuhUMKM. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian terhadap #ShopeeBunuhUMKM dengan menggunakan teori interaksionisme simbolik. metode penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata ada pro dan kontra yang terjadi dalam #ShopeeBunuhUMKM dalam trending topic Twitter.

Keywords

Interaksionisme Simbolik #ShopeeBunuhUMKM Trending topic Twitter

Article Details

How to Cite
Rahma, R. M., & Pribadi, F. (2021). Interaksionisme Simbolik Tagar ShopeeBunuhUMKM DalamTrending Topic Twitter. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 12(1), 32-39. https://doi.org/10.32505/hikmah.v12i1.2740

References

  1. Anon. 2019. “PP Nomor 80 Tahun 2019: Pemerintah Lahirkan Peraturan Pemerintah Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.” 3. Retrieved April 22, 2021 (www.kemendag.go.id).
  2. Arsyad, Edy. 2021. “Tagar Shopee Bunuh UMKM Ramai Di Twitter, Ada Apa Yah? – FAJAR.” Fajar.Co.Id 1. Retrieved (https://fajar.co.id/2021/02/18/tagar-Shopee-bunuh-umkm-ramai-di-Twitter-ada-apa-yah/?page=all).
  3. Helaluddin, Hengki Wijaya. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
  4. Hidayat, Mohammad Wahyu. 2021. “Ramai Tagar Shopee Bunuh UMKM Di Twitter, Ada Apa? - Tekno Liputan6.Com.” Retrieved (https://www.liputan6.com/tekno/read/4485795/ramai-tagar-shopee-bunuh-umkm-di-twitter-ada-apa).
  5. Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
  6. Nurhadi, Zikri Fachrul. 2017. “Model Komunikasi Sosial Remaja Melalui Media Twitter.” Jurnal ASPIKOM 3(3):539. doi: 10.24329/aspikom.v3i3.154.
  7. Romindo, Muttaqin, Deddy Wahyudin Purba, Didin Hadi Saputra, M. Iswahyudi, Astri Rumondang Banjarnahor, Aditya Halim Perdana Kusuma, Faried Efendi, Onis K. Sulaiman, and Janner Simarmata. 2019. E-Commerce: Implementasi, Strategi, Dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
  8. Shidarta. 2019. “Teori Interaksionisme Simbolik: Analisis Sosial Mikro.” Retrieved March 22, 2021 (https://business-law.binus.ac.id/2019/10/23/teori-interaksionisme-simbolik-analisis-sosial-mikro/).
  9. Siregar, Nina Siti Salmaniah. 2016. “Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik.” Perspektif 1(2):100–110. doi: 10.31289/perspektif.v1i2.86.
  10. Suri, Atikah, and Irwansyah. 2021. “Kampanye Kesehatan Covid 19 Di Media Sosial Dalam Perspektif Interaksionisme Simbolik.” Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia 6(2):578–587. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.1888.
  11. Wibowo, Arif. 2018. “Analisis Interaksionisme Simbolik Masyarakat Maya Terhadap Wacana Aagama Di Media Sosial Facebook.” Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan 6(1):163–86. doi: 10.21043/fikrah.v6il.2675.
  12. Winarto, Yudho. 2021. “Peraturan Pemerintah (PP) Soal E-Commerce Telah Terbit, Ini Detailnya.” 1. Retrieved March 24, 2021 (https://nasional.kontan.co.id/news/peraturan-pemerintan-pp-soal-e-commerce-sudah-terbit-ini-detailnya?page=all).
  13. Yuri, Muri A. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.
  14. Yustika, Gea. 2021. “Tagar Shopee Bunuh UMKM Viral Di Twitter, Ada Apa?” 1. Retrieved March 23, 2021 (https://www.limapagi.com/focus/o15501k05r/tagar-Shopee-bunuh-umkm-viral-di-Twitter-ada-apa).
  15. Z Hamson. 2020. “Interaksionisme Simbolik Pengguna Media Sosial Facebook Dan WhatsApp Pada Isu Covid-19 Symbolic Interactionism of Social Media Users Facebook and WhatsApp on Covid-19 Issues.” Journal of Communication Sciences (JCoS) 3 No 1, Ok(1):57–64.