Main Article Content

Abstract

Pramuka merupakan kegiatan ekstra di sekolah yang diharapkan dapat membangun potensi dan karakter siswa menjadi lebih baik ternyata kurang diminati oleh siswa. Pembina pramuka membutuhkan teknik komunikasi sebagai upaya memunculkan minat siswa untuk ikut kegiatan pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik komunikasi pembina pramuka dalam menarik minat siswa untuk mengikut kegiatan pramuka. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena lapangan melalui observasi langsung, wawancara dan mencari dokumentasi pendukung mengenai kegiatan-kegiatan kepramukaan. Teknik komunikasi persuasif, informati, koersif, dan human relation digunakan para pembina pada saat pelatihan pramuka dan di luar kegiatan latihan rutin. Pada saat pembina menyampaikan materi tentang kepramukaan, komunikasi yang digunakan bersifat formal, sedangkan di luar kegiatan latihan rutin bersifat informal. Pesan yang disampaikan berupa nasehat, motivasi, teguran, dan saran yang bertujuan untuk meningkatkan minat, semangat, dan kedisiplinan para siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka.

Keywords

Teknik Komunikasi Pembina Pramuka

Article Details

How to Cite
Putra, H., & Al Zuhri. (2022). Implementasi Teknik Komunikasi Pembina Pramuka Terhadap Siswa. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 13(1), 39-51. https://doi.org/10.32505/hikmah.v13i1.3773

References

  1. Effendy, O. U. (2013). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
  2. Faizah, M. E. (2009). Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana.
  3. Kholil, S. (2007). Komunikasi Islam. Bandung: Ciptapustaka Media.
  4. Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.
  5. Nida, F. L. K. (2017). KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, v. 5, n. 1.
  6. Onong Uchjana Effendy. (2002). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  7. Onong Uchjana Effendy. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.
  8. Purwanto, D. (1996). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
  9. Rahmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  10. Septiani, V. (2011). Teknik Komunikasi Persuasif Dosen dalam Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Deskriptif di Kelas Non Reguler Angkatan 2008 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)”. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
  11. Soleh Sumirat, D. (2009). Komunikasi Persuasif. Jakarta: Universitas Terbuka.
  12. Vardiansyah, D. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.
  13. Werner J Severin. (2008). Teori Komunikasi. Bandung: Kencana.
  14. Widjaja, H. A. W. (2002). Komunikasi (Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.