AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah <p><strong>AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya</strong> is a journal published by the Department of Communication and Islamic Broadcasting Studies of the Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da'wah of IAIN Langsa. This journal is published twice a year; July and December. This journal publishes and communicates the results of the researches of lecturers and practitioners relating to the scope of the study of the Communication and Broadcasting studies.</p> en-US zulkarnainak@iainlangsa.ac.id (Zulkarnain) almutia.gandhi@gmail.com (Al Mutia Gandhi) Mon, 29 Jun 2020 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pemberitaan Media Massa Cetak dan Agenda Khalayak Terhadap Pemilukada Aceh Tahun 2017 https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1825 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemberitaan pada media cetak Serambi Indonesia dan Harian Rakyat Aceh mengenai pemilukada Aceh tahun 2017 terhadap pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis wacana kritis terhadap pemberitaan pemilukada gubernur/wakil gubernur provinsi Aceh tahun 2017. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui analisis teks, wawancara terstruktur dengan beberapa narasumber dan informan serta dokumentasi. Pada pemilukada gubernur/wakil gubernur provinsi Aceh, ada beberapa pasangan calon yang memanfaatkan keberadaan media massa untuk menarik suara masyarakat melalui visi, misi dan program kerja (komunikasi organisasi). Pemanfaatan media massa dilakukan sebagai bagian dari strategi membangun <em>branded image</em> terhadap pasangang calon tersebut. Selama pelaksanaan pemilukada, agenda media digantikan dengan agenda khalayak dikarenakan beberapa hal: masyarakat telah menentukan pilihannya tanpa adanya pengaruh pemberitaan dari media massa, masyarakat telah mempraktekan kedewasaan dalam berpolitik, adanya tawaran program-program unggulan yang diusung oleh masing-masing pasangan calon. Selain sosok calon peserta pemilukada, masyarakat juga mencermati rekam jejak (<em>track record</em>) dari masing-masing pasangan calon dan Pasangan calon peserta pemilukada tidak memiliki dosa sejarah masa lalu seperti tidak terlibat dalam kasus korupsi, penyalahgunaan kewenangan dan lain-lain. Agenda khalayak memiliki bargaining position dengan agenda media sehingga pemberitaan pemilukada pada media massa harus berimbang (<em>check and recheck)</em>. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Media massa memiliki agenda media yang bertujuan mengiring pembaca untuk melihat dan mengomentari pemberitaan yang dipublikasikan pada media massa terutama tentang Pemilukada.</p> Zulkarnain Copyright (c) 2020 AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1825 Mon, 29 Jun 2020 00:00:00 +0700 Memahami Psikologi Audiens Dalam Dakwah https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1827 <p style="text-align: justify;">Saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami keterpurukan karena diterpa krisis multi dimensional, mulai dari krisis kepercayaan (amanah), krisis moral, ekonomi, sampai krisis sosial politik dan budaya. Semua itu terjadi diawali dari krisis nilai-nilai insani, keringnya nilai-nilai spiritual, terjadinya perubahan dalam kehidupan sosial keagamaan dan juga dalam kehidupan tradisional pada kehidupan modern. Untuk itu sangat dibutuhkan perubahan gerakan dakwah yang tidak boleh ditunda-tunda dalam rangka untuk menghadapi tantangan dan krisis multi dimensional. Dakwah harus dilakukan secara terencana, memiliki konsep yang jelas, terukur, terorganisir, dapat dievaluasi, harus tampil secara aktual, faktual dan kontekstual, haruslah disampaikan dengan cara yang baik, bijak, penuh dengan hikmah, penuh perhatian, keseriusan, niat yang ikhlas karena Allah, dan yang tidak kalah pentingnya adalah dengan tetap memperhatikan psikologi Auidens agar pesan dan nilai-nilai luhur ajaran agama yang disampaikan dalam dakwah dapat diterima dengan efektif.</p> Junaidi Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1827 Mon, 29 Jun 2020 00:00:00 +0700 Berbagi Surga: Poligami di Indonesia Dalam Bingkai Media Asing https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1828 <p style="text-align: justify;">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana isu poligami dikemas dalam video Polemik Poligami di Indonesia: Berbagi Surga pada Channel Youtube Vice Indonesia dengan model analisis Zhongdang dan M. Kosicki melalui perangkat sintaksis, perangkat skrip, perangkat tematik, dan perangkat retoris yang disorot dalam bingkai kisah video. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui dokumentasi pada video, lalu data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui struktur framing model Zhongdang dan M. Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Vice Indonesia </em>membingkai poligami sebagai nafsu semata. <em>Vice Indonesia</em> lewat tayangannya ingin menggiring perempuan-perempuan lain untuk tetap mempertahankan hak-hak asasi manusia dan perlindungan wanita dengan mengenalkan paham feminisme.</p> Fakhrur Rozi, Firda Adinda Syukri Copyright (c) 2020 AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1828 Mon, 29 Jun 2020 00:00:00 +0700 Komunikasi Pemerintah Kota Medan Dalam Menanggulangi Penyakit Masyarakat https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1829 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini merupakan penelitian lapangan meneliti masalah kebijakan pemerintah melalui komunikasi Pemerintah Kota Medan dalam memberantas penyakit masyarakat dalam hal ini prostitusi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, dan menggunakan teori komunikasi. Penelitian ini bertujuan menganalisa masalah penyakit masyarakat prostitusi di Kota Medan, dan bagaimana cara penanggulangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit masyarakat prostitusi sulit di berantas kerna beberapa factor yaitu faktor ekonomi, faktor pendidikan/<em>skill</em> (tidak punya keahlian), faktor agama (kurangnya pendidikan agama)<em>.</em> &nbsp;</p> M. Agha Novrians, Mailin Copyright (c) 2020 AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1829 Mon, 29 Jun 2020 00:00:00 +0700 Globalisasi Komunikasi dan Dampak Sosial di Masyarakat Perkebunan (Studi Kasus Masyarakat Perkebunan di Sumatera Utara) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1830 <p style="text-align: justify;">Efektivitas komunikasi Masyarakat di Perkebunan dapat kita satukan dalam bentuk masalah internal maupun eksternal. Efektivitas merupakan tujuan dari kemampuan untuk mendayagunakan sesuatu secara tepat, standar yang jelas dan dapat diterima secara universal, Konflik perusahaan masyarakat dan perkebunan adalah konflik sumber daya alam yang didasarkan pada perjuangan untuk sumber daya alam. Permasalahan ini bisa berdampak pada aspek sosial budaya hingga merujuk kepada permasalahan komunikasi. Kemampuan pendekatan permasalahan harus mampu penguasaan negoisasi, baik kemampuan dialog, kerendahan hati, kepercayaan, harapan dan pemikiran kritis, agar permasalah dalam kebun tidak meluas dan akan tidak menguntungan semua pihak.</p> Selamat Riadi Copyright (c) 2020 AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1830 Mon, 29 Jun 2020 00:00:00 +0700 Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19 https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1837 <p style="text-align: justify;">Pengetahuan tentang Interaksi Sosial dan Proses Sosial merupakan hal yang dapat membuat seseorang memperoleh pandangan yang dinamis tentang kehidupan masyarakat baik secara pribadi dan kelompok. Tidak dapat disangkal kedua hal tersebut memiliki aspek structural dan prosesual. Dimana ada kelompok-kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratafikasi, kekuasaan yang mempunyai suatu derajat dinamika tertentu yang melahirkan pola-pola perilaku dan kehidupan berbeda, terlebih pada situasi dan keadaan yang semakin lama memberikan dampak dan pengaruh yang besar kehidupan nyata masyarakat. Dewasa ini masyarakat dihadapkan pada situasi dimana secara strukural dan prosesual mengalami perubahan yang berdampak pada pola kehidupan. Pandemi Virus Covid 19 secara nyata mampu menggeser peradaban kehidupan masyarakat yang berpengaruh kepada interaksi sosial dan proses sosialnya. Baik itu segi kebudayaan, roda organisasi lembaga sosial, pola kepeminpinan dalam mengendalikan kekuasaan semua berpengaruh akibat pandemic wabah virus covid 19 ini.</p> Siti Rahma Harahap Copyright (c) 2020 AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1837 Mon, 29 Jun 2020 00:00:00 +0700