AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah <p><strong>AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya</strong> is a journal published by the Department of Communication and Islamic Broadcasting Studies of the Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da'wah of IAIN Langsa. This journal is published twice a year; July and December. This journal publishes and communicates the results of the researches of lecturers and practitioners relating to the scope of the study of the Communication and Broadcasting studies.</p> en-US zulkarnainak@iainlangsa.ac.id (Zulkarnain) almutia.gandhi@gmail.com (Al Mutia Gandhi) Wed, 30 Jun 2021 23:59:13 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Upaya Preventif Prostitusi dan Pelecehan Seksual Dalam Perspektif Dakwah https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2625 <p>Kejahatan seksual baik dalam bentuk prostitusi maupun dalam bentuk pelecehan seksual semakin meningkat dewasa ini dalam kehidupan masyarakat, hampir setiap saat kita dengar informasi terjadinya kejahatan seksual. Kejahatan ini sangat membahayakan masyarakat secara keseluruhan, karena dampak yang ditimbulkan dari kejahatan seksual ini sungguh luar biasa mengerikan, diantaranya: terganggunya stabilitas kehidupan sosial, maraknya penyakit menular/kelamin (aids), terganggunya ketahanan kehidupan keluarga dan lain sebagainya. Oleh sebab itu kejahatan seksual ini merupakan masalah besar bagi masyarakat yang harus dicarikan solusinya. Islam memberikan solusi untuk menyelesaikan persoalan besar ini, yaitu melalui jalan dakwah. Untuk itu dakwah harus mampu menjadi solusi agar kejahatan seksuaal ini dapat diminimalisir, kapan perlu dihentikan. Maka dakwah harus mampu mengambil langkah kongkrit, agar setiap perlakuan dan kegiatan yang akan menjerumuskan kepada kejahatan seksual ini bisa di putus matarantainya. Maka dalam artikel ini membahas prostitusi dan pelecehan seksual dalam tinjauan dakwah.</p> Penmardianto, Heru Permana Putra Copyright (c) 2021 AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2625 Mon, 28 Jun 2021 00:00:00 +0700 Makna Simbolis Pesan Dakwah dalam Film Cahaya Cinta Pesantren https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2719 <p>Film Cahaya Cinta Pesantren merupakan film yang mengangkat tema tentang perjalanan santri menempuh pendidikan. Isinya menyajikan makna simbolis dan nilai-nilai yang sangat religius. Film ini diproduksi oleh <em>fullframe pictures</em>, mengadopsi dari novel <em>best seller</em> karya Ira Madan, film ini sangat ampuh sebagai berdakwah melalui media. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana makna denotasi, konotasi dan mitos dalam film cahaya cinta pesantren? Selanjutnya, pesan-pesan dakwah apa saja yang terkandung dalam film cahaya cinta pesantren? Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, dengan metode Analisis Semiotika Roland Barthes, maksudnya penulis meneliti dan mengkaji tanda-tanda dalam film dengan menganalisis simbol-simbol dan adegan-adegan yang menampilkan tentang dakwah, dalam hal ini pesan-pesan dakwah yang terkandung didalamnya. Semiotika Roland Barthes juga menekankan baik pada makna denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa pesan dakwah yang terkandung dalam film cahaya cinta pesantren diantaranya berkaitan dengan ajaran islam yakni Akidah, Syari’ah, akhlak.</p> Muhammad Syarifuddin, Agus Riyadi Copyright (c) 2021 AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2719 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0700 Interaksionisme Simbolik Tagar ShopeeBunuhUMKM DalamTrending Topic Twitter https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2740 <p>Canggihnya teknologi pada zaman sekarang berdampak pada kemudahan manusia dalam mengerjakan dan melakukan aktivitasnya. Seperti yang kita ketahui, saat ini kita tidak perlu susah-susah membeli sesuatu dengan mengunjungi lokasi perbelanjaan yang hendak dituju. Pada zaman yang serba canggih saat ini kita cukup mengunduh aplikasi belanja online, lalu kita bisa belanja kebutuhan yang kita butuhkan melalui aplikasi tersebut. Harga-harga barang dalam aplikasi tersebut juga beragam ada yang paling murah hingga paling mahal. Selain itu, kita juga bisa membeli barang-barang dari luar negeri dengan harga yang cukup murah. Pada Februari 2021, ada sebuah pagar yang sempat menjadi trending topic di Twitter, yaitu #ShoppeBunuhUMKM. Banyak juga warganet Indonesia yang ikut menulis cuitannya di Twitter perihal #ShopeeBunuhUMKM. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian terhadap #ShopeeBunuhUMKM dengan menggunakan teori interaksionisme simbolik. metode penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata ada pro dan kontra yang terjadi dalam #ShopeeBunuhUMKM dalam trending topic Twitter.</p> Rosselina Mulya Rahma, Farid Pribadi Copyright (c) 2021 AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2740 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0700 Analisis Teknik Siar Deddy Mahendra Desta Dalam Membawakan Program Acara Televisi dan Radio https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2796 <p>Program siaran sudah banyak yang dinikmati dari dulu hingga sekarang di berbagai media yang telah ada. Para penyiar radio atau televisi salah satunya menyajikan berbagai informasi atau bahkan hiburan. Deddy Mahendra Desta merupakan salah satu dari banyak penyiar yang memiliki <em>multitalent</em> di Indonesia diantaranya menjadi presenter dan penyiar radio. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengkaji bahan penelitian melalui tayangan program, referensi keilmuwan dan pandangan pakar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Deddy Mahendra Desta benar benar mampu menguasai program dengan skill dan pengetahuannya, antara lain: mengatur tempo, membangun <em>mood,balance, personal viewer dan word economy</em>.</p> Mochammad Sinung Restendy, Aryanti Mu’ti , Ulfa Rizky Anugerah, Tsani Najiah Copyright (c) 2021 AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2796 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0700 Pembentukan Keluarga Shaleh Dalam Komunikasi Islam: Studi Komparasi Penafsiran Al-Qur’an https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2825 <p>Pembentukan keluarga shaleh seharusnya bukan hanya dimulai ketika dalam masa kandungan, lebih dari itu Islam melalui sumber ajarannya menuntun umatnya untuk memulai membentuk keluarga shaleh dimulai dari cara dan kriteria memilih pasangan hidup yang tepat. Memilih pasangan hidup dan mendidik anak semuanya membutuhkan komunikasi yang ideal sebagaimana yang dianjurkan dalam Al-Quran. Metode&nbsp; penelitian&nbsp;&nbsp; yang&nbsp;&nbsp; akan&nbsp; penulis&nbsp;&nbsp; gunakan&nbsp;&nbsp; adalah komparasi analisis teks terhadap tafsir-tafsir Al-Quran. Teknik pengumpulan data bagi penelitian ini adalah studi perpustakaan yaitu dengan menelaah bahan-bahan dari teori-teori yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas berdasarkan buku-buku yang berhubungan serta dapat mendukung atau menyokong penelitian penulis. Sumber data primer adalah ayat-ayat Al-Quran yang dipilih beberapa ayat-ayat tentang keluarga shaleh dan komunikasi dalam Islam. Hasilnya, ditemukan Kata ‘shaleh’ atau ‘saleh’ sebanyak 143 kali dalam Al-Quran, sedangkan kata ‘keluarga’ ditemukan 67 kali. Setelah dilakukan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Allah menginformasikan dalam Al-Quran dalam membentuk keluarga shaleh sangat dipengaruhi oleh faktor komunikasi baik dalam hidup berindividu maupun kelompok.</p> Muhammad Roni, M. Anzaikhan Copyright (c) 2021 AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2825 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0700 Jaulah sebagai Metode Dakwah: Analisis Komunikasi Islam Jamaah Tabligh di Kota Langsa https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2935 <p style="text-align: justify;"><em>Jaulah</em> merupakan kegiatan &nbsp;berkeling-keliling yang dilakukan satu kelompok jamaah dengan mendatangi masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah yang dilakukan pada waktu sore hari sebelum tiba shalat Magrib . Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip-prinsip dalam metode Jaulah serta pengaruhnya ke masyarakat kota Langsa berbasis konsep komunikasi Islam. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan jumlah informan yang tidak terbatas. Analisis data menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dianalisis berdasarkan teori komunikasi Islam, metode Jaulah sudah sesuai dengan substansi dari komunikasi Islam, yaitu menggunakan prinsip dan kaedah komunikasi yang terdapat dalam al-Quran dan Hadis. Cara yang digunakan adalah mengajak kepada ma’ruf dan mencegah kemungkatan, menasehati dan menegur.&nbsp; Dalam hal ini, komunikasi Islam senantiasa mengubah perlakuan buruk individu atau khalayak sasaran kepada perlakuan yang baik. Setelah melakukan metode <em>Jaulah</em>, dapat disimpulkan bahwa metode Jaulah bisa dikatakan cukup berhasil. Para Jamaah Tabligh telah mendapatkan pengakuan dari masyarakat penerima dakwah bahwa hanya dengan usaha para jamaah, pengetahuan dan pemahaman keagamaan mereka bertambah dan melalui pesan-pesan dakwah yang disampaikan para Jamaah Tabligh, masyarakat dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.</p> Masdalifah Sembiring Copyright (c) 2021 AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2935 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0700