Main Article Content

Abstract

  Pengeloaan manajemen keuangan syariah yang baik sangat diperlukan bagi UMKM dalam menjalankan usaha agar usaha yang dijalankan mampu memaksimalisasi nilai dan profit perusahaan, menciptakan kesejahteraan, menciptakan citra perusahaan dan tanggung jawab perusahaan.   Kegiatan PKM KKN UMSU ini memberikan sosialisasi dan pelatihan penguatan pengelolaan manajemen keuangan syariah bagi UMKM di Desa Kotasan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang menggunakan metode Door to Door dengan cara mendatangi setiap usaha masing-masing UMKM yang ada di Desa Kotasan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman UMKM dalam pengelolaan manajemen keuangan syariah serta UMKM mampu membuat pencatatan transaksi keuangan dalam menjalankan usaha.


 


Kata Kunci : Manajemen Keuangan Syariah, Door to Door, UMKM

Article Details

How to Cite
Hayati, I. (2020). PENGUATAN MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH BAGI UMKM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DOOR TO DOOR DI DESA KOTASAN. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(2). https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v3i2.1783

References

  1. Farhana, Nora Farita dan Moch. Khoirul Anwar. (2018). Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Manajemen Keuangan Pada Industri Rumahan Jilbab Muizz Collection. Jurnal Ekonomi Islam Volume 1 Nomor 2.
  2. Harahap, Sunarji. (2017). Implementasi Manajemen Syariah Dalam Fungsi - Fungsi Manajemen. Jurnal At-Tawassuth, Vol. 2, No. 1.
  3. Muhammad. (2014). Manajemen Keuangan Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  4. Muhammad Andi Prayogi dan Lukman Hakim Siregar. (2017). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Jurnal Ekonomikawan. Vol.17, No. 2,
  5. Muhammad Irfan Nasution, dkk. (2017). Pembinaan Manajemen Usaha Pada Usaha Mikro Pengarajin Sepatu di Kecamatan Medan Denai. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora. Vol 7, No.1.
  6. Muheramtohadi, Singgih. (2017). Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia, dalam Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Muqtasid 8(1).
  7. Nugroho, Taufik & Aam S. Rusydiana. (2019). Strategi Pembiayaan Usaha Mikro dan Kecil Menengah pada Lembaga Pengelola Dana Bergulir di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Vol. 3 No. 1.
  8. Roswita Hafni dan Ahmad Rozali. (2015). Analisis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Ekonomikawan. Vol . 15, No. 2.
  9. Sobana, Dadang Husen. (2017). Manajemen Keuangan Syari’ah. Bandung: CV. Pustaka Setia.
  10. Tambunan, Tulus. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES.