Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan Ayam Penyet Cabe Ijo Kota Langsa baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan keputusan pembelian pada Rumah Makan Ayam Penyet Cabe ijo Kota Langsa. Sampel penelitian diambil 10% dari keseluruhan jumlah populasi penelitian sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS dilakukan uji t, uji F dan uji Koefisien Determinasi. Untuk membuktikan hipotesis secara parsial dilakukan uji t untuk masing – masing variabel, dimana variabel harga diperoleh t sig < 5% sehingga dapat dinyatakan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kualitas produk diperoleh t sig < 5% sehingga dapat dinyatakan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel kualitas pelayanan diperoleh t sig < 5% sehingga dapat dinyatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. dan untuk membuktikan hipotesis secara simultan dilakukan uji F, sehingga diperoleh F Sig < 5% sehingga dapat dinyatakan bahwa harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan Ayam Penyet Cabe Ijo Kota Langsa. Uji koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 52,8% harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan Pembelian pada Ruma Makan Ayam Penyet Cabe Ijo Kota Langsa.

Article Details

How to Cite
Astuti, Y. (2021). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN AYAM PENYET CABE IJO KOTA LANGSA. IHTIYATH : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 5(1). https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v5i1.2573

References

  1. Anindya, R. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Terhadap Keputusan Pembelian Pada “SAMI REMEN.” IQTISHADequity, 2(2).
  2. Armstrong, G., Kotler, P., Trifts, V., Buchwitz, L. A., & Gaudet, D. (2017). Marketing An Introduction (Canadian 6). Pearson Canada Inc.
  3. Daga, R. (2017). Citra, Kualitas produk, Dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017). Global Research And Consulting Institute.
  4. Daiyah, F., Mansur, M., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Ptresepsi Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Three Second Secara Online. Jurnal Riset Manajemen, 7(3), 95–107.
  5. Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. JURNAL EKOBIS:EKONOMI,BISNIS &MANAJEMEN, 10(1), 58–66.
  6. Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. CV. Penerbit Qiara Media.
  7. Hutagalung, Y. M., & Waluyo, H. D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Kopi Benteng 2 Banyumaik). Jurnal Administrasi Bisnis, IX(III), 209–215.
  8. Kenyon, G. N., & Sen, K. C. (2015). The perception of quality: Mapping product and service quality to consumer perceptions. In Springer-Verlag London.
  9. Kotler, Philip. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. In Manajemen Pemasaran (Vol. 7, p. 1835).
  10. Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). Pearson Education.
  11. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Pearson Education Inc (15th ed.). Pearson Education Inc.
  12. Peter, J. paul, & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy (9th ed.). McGraw-Hill.
  13. Sijabat, R. (2020a). Analisis Peran Mediasi Harga Terhadap Asosiasi Country Of Origin, Perceived Quality, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. JURNAL MANAJEMEN, 17(1), 57–80.
  14. Sijabat, R. (2020b). Analisis Peran Mediasi Harga Terhadap Asosiasi Country Of Origin, Perceived Quality, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. JURNAL MANAJEMEN, 17(1), 57–80.
  15. Siregar, B. G., Nasution, H. F., & Aisyah, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Pepsodent Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Padangsidimpuan. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 5(2), 58. https://doi.org/10.24952/masharif.v5i2.1438
  16. Sitorus, S. A. (2020). Pengaruh Harga, Rasa, Lokasi Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Penyet Di Kota Medan. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 131–142. https://doi.org/Http://doi.org/10.30606/hjimb
  17. Sugiarto, S., & Jumady, E. (2019). Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT Suraco Jaya Abadi Motor. JUMBO (Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Organisasi), 3(3), 152–161.
  18. Wijaya, C. V. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. Agora, 5(1), 1–8. scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=bu+rudy&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DjSbeuTSQd6YJ