Main Article Content

Abstract

Abstract


Purpose: This study aims to analyze the influence of the application of Islamic values, service quality and product excellence on customer loyalty through customer satisfaction as an intervening variable in Islamic Banking Products. 


Design/methodology/approach: In this study, the author took data from the Langsa City Community which amounted to 100 samples. The analytical tool used in this study is the Structural Equotion Model- Partial Least Square (SEM-PLS) mediation effect using the Smart PLS 3.00 Application.


Findings: The results revealed that the variable t test hypothesis test showed that the application of Islamic values directly positive was not significant and through customer satisfaction was positive and significant. The variable of service quality is directly positive and significant to customer loyalty, while through positive customer satisfaction is not significant, besides that product excellence is directly positive significant, while product excellence through customer satisfaction is positive significant to customer loyalty. Furthermore, customer satisfaction with customer loyalty is positive and insignificant for customer loyalty to Islamic Banking Products.


Research limitations/implications: The results of this study can enrich the literature on customer loyalty in Islamic banking by adding insight into how the application of Islamic values, service quality, and product excellence affects customer satisfaction and loyalty.


Practical implications: Islamic banking management can use these findings to improve their service and product strategies. Strengthening the application of Islamic values, improving service quality, and introducing superior products can increase customer satisfaction and loyalty.


 


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Penerapan nilai-nilai Islam, Kualitas pelayanan dan Keunggulan produk terhadap Loyalitas nasabah melalui Kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada Produk Perbankan Syariah. 


Desain/metodologi/pendekatan: Penelitian ini penulis mengambil data Masyarakat Kota Langsa yang berjumlah sebanyak 100 orang sampel. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Structural Equotion Model- Partial Least Square (SEM-PLS) efek mediasi dengan menggunakan Aplikasi Smart PLS 3.00.


Temuan: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada uji hipotesis uji t variabel menujukkan bahwa Penerapan nilai-nilai Islam secara langsung positif tidak signifikan dan  melalui Kepuasan nasabah positif dan signifikan.Variabel Kualitas pelayanan secara langsung positif dan signifikan terhadap Loyalitas nasabah, sedangkan melalui Kepuasan nasabah positif tidak signifikan, selain itu Keunggulan produk secara langsung positif signifikan, sedangkan Keunggulan produk melalui Kepuasan nasabah positif signifikan terhadap Loyalitas nasabah. Selanjutnya Kepuasan nasabah terhadap Loyalitas nasabah positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas nasabah pada Produk Perbankan Syariah.


Keterbatasan / implikasi penelitian: Hasil penelitian ini dapat memperkaya literatur tentang loyalitas nasabah di perbankan syariah dengan menambahkan wawasan tentang bagaimana penerapan nilai-nilai Islam, kualitas pelayanan, dan keunggulan produk mempengaruhi kepuasan dan loyalitas nasabah.


Implikasi praktis: Manajemen perbankan syariah dapat menggunakan temuan ini untuk meningkatkan strategi layanan dan produk mereka. Memperkuat penerapan nilai-nilai Islam, meningkatkan kualitas pelayanan, dan memperkenalkan produk yang unggul dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah.


 

Keywords

Customer loyalty, Islamic values, service quality, product excellence, customer satisfaction. Loyalitas Nasabah, Nilai Islam, Kualitas Pelayanan, Keunggulan Produk, Kepuasan Nasabah.

Article Details

How to Cite
Ramayani, R., Tajul Ula, & Zefri Maulana. (2024). Determinan Loyalitas Nasabah dengan Efek Mediasi Kepuasan Nasabah Terhadap Produk Perbankan Syariah. IHTIYATH : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 8(1), 100-115. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v8i1.8564

References

  1. Afif Qusaeri, M. AL, Khasbulloh, Mw., & Khasanah, T. (2023). PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK DAN KEUNGGULAN LAYANAN TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN KEPUASAN CUSTOMER SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PT ARIABIMA PROPERTINDO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1098–1106. https://doi.org/10.55681/SENTRI.V2I4.706
  2. Ati, A., Majid, M. S. A., Azis, N., & Hamid, A. (2020). Mediating the Effects of Customer Satisfaction and Bank Reputation on the Relationship between Services Quality and Loyalty of Islamic Banking Customers. 25.
  3. Awal Habibah, G. W. I., & Zahwa, W. (2023). PENGARUH PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM PADA BANK BERBASIS SYARIAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KC JAMBI. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(1), 88–101. https://doi.org/10.55606/JUPUMI.V2I1.702
  4. Basyir, M. (2020). Pengaruh physical evidence terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah: Peran kepuasan sebagai variabel pemediasi. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 4(2). https://doi.org/10.35870/emt.v4i2.155
  5. Budiman, I. (2021). Converting Conventional Banks To Sharia Banks In Aceh: An Effort To Maintain A Stable Economy In The Covid-19 Outbreak. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 10(1), 24. https://doi.org/10.22373/share.v10i1.8337
  6. Chalil, R. D., & Dharmmesta, B. S. (2015). The Role of Consumer Involvement as a Moderating Variable: The Relationship Between Consumer Satisfaction and Corporate Image on Service Loyalty. Journal of Asian Scientific Research, 5(6), 303–319. https://doi.org/10.18488/journal.2/2015.5.6/2.6.303.319
  7. Dayyan, M., & Chalil, R. D. (2020). The Attitude Of Merchants Towards Fatwa On Riba And Conventional Bank In Langsa. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 9(1), 48. https://doi.org/10.22373/share.v9i1.6372
  8. Dwinastiti, S. E. (2015). PENGARUH NILAI – NILAI ISLAM DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MINA SWALAYAN YOGYAKARTA.
  9. Febrianto, A., & Ferdiyansyah. (2023). Penerapan Nilai Keislaman terhadap Kepuasan Nasabah di BMT NU Kota Kraksaan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 421–435. https://doi.org/10.30651/JMS.V8I1.17692
  10. Fikri, S., Wiyani, W., & Suwandaru, A. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.26905/JBM.V3I1.80
  11. Hardani, J. A., & Ustiawaty. (2017). Dasar Metodelogi Penelitian. Literasi Media Publishing.
  12. Hardiansyah. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Gaya Media.
  13. Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.29040/JIEI.V6I1.790
  14. Hidayati, A., Maddinsyah, A., & Sunarsi, D. (2021). Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Praktik. Cipta Media Nusantara.
  15. Husnan & Pudjiastuti. (2016). Dasar Dasar Manajemen Keuangan. Grasindo.
  16. Kamal, S., Muslem, M., Mulyadi, M., & Berakon, I. (2024). Investigating intentions to versus loan sharks: Investigating use loan sharks intentions to use loan sharks in Aceh, Indonesia. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2022-0254
  17. Kartini, K. (2018). Manajemen Strategis: (Aplikasi di Era Digital). Jakad Media Publishing.
  18. Kasmir. (2017). Double Your Growth Through Excellent Customer Service. PT Raja Grafindo Persada.
  19. Kotler, P. (2021). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Gramedia Pustaka Utama.
  20. Nurlaila, S., Ibnu, A. R., & Khoir, M. (2022). Pengaruh Penerapan Nilai-Nilai Syariah, Kualitas Pelayanan Dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah: The Influence Of The Implementation Of Sharia Values, Service Quality And Product Excellence On Customer Satisfaction Of Sharia Bank. NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 8(2), 156–167. https://doi.org/10.30997/jn.v8i2.5108
  21. Pramana, I. G. (I), & Rastini, N. M. (Ni). (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(1), 250738.
  22. Sinulingga, Nora. Tamando, H. (2021). Perilaku Konsumen. Strategi dan Teori. Jurnal Agora, 5 No.(september), 4–7.
  23. Tresiya, D., Djunaidi, D., & Subagyo, H. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KENYAMANAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA PERUSAHAAN JASA OJEK ONLINE GO-JEK DI KOTA KEDIRI). JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 208–224. https://doi.org/10.30737/JIMEK.V1I2.310
  24. Ridha, F., Nurjanah, & Hamid, A. (2023). Respon Masyarakat Langsa Pasca Penerapan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah. Tansiq : Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(1), 36–47.
  25. Vinny, D. R. S. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar. Jurnal Manajemen, 13(1), 142–150. https://doi.org/10.30872/JMMN.V13I1.9467
  26. Warsito, W. S. (2018). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sadaya Cabang Dago Bandung. 2(2).
  27. Yusuf Pradana, R., Muhammad, &, & Purwanto, R. (2023). DAMPAK PENERAPAN QANUN ACEH NOMOR 11 TAHUN 2018 TENTANG LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH TERHADAP KESIAPAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO MAHIRAH MUAMALAH. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 5(1), 1209–1223. https://doi.org/10.20885/TULLAB.VOL5.ISS1.ART1
  28. Zulfahmi. (2021). Eksistensi Qanun Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah terhadap Konversi Bank Konvensional menjadi Bank Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 5(01), 49–63. https://doi.org/10.26618/J-HES.V5I01.3276

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'