Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh supervisi akademik, gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan korelasi. Peneliti menggunakan angket dalam pengumpulan data. Data diolah secara analisis kuantitatif, dikelompokkan dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik terhadap kinerja guru sebesar 35, 1% dengan nilai t hitung 8.118 > t tabel  1.97253 dengan nilai signifikansi < dari 0,005. (2) terdapat pengaruh signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 25,8% dengan nilai t‑hitung 10.139> nilai t tabel  1.97253 dengan nilai signifikansi < dari 0,005, (3) terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru sebesar 40,8% dengan nilai konstanta sebesar 58,396, dengan harga koefisien X1 sebesar 0,485 dan harga koefisien X2 sebesar 0,391  dengan persamaan regresi linear  Y = a + +  dimana Y = 58,396 + + . Uji F simultan menunjukkan nilai signifikansi F 0,000. <i alpha (α) 0,05 dengan 65.046 > > 3,04. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa supervisi akademik serta gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat dijadikan variabel prediktor dan dapat mempengaruhi kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Solok.

Keywords

Kinerja Guru Gaya Kepemimpinan

Article Details

How to Cite
Adripen, Rafli, D., & Amra, A. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 109-119. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v8i2.3296

References

  1. Adriansyah. Kepemimpinan Kepala Daerah Visioner. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama, 2015
  2. Armstrong, M. and Baron, A. Performance Management-The New Realities, London: Institute of Personnel and Development, 1998
  3. Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar – Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2011
  5. Fachrudin. Supervisi Pendidikan. Medan. IAIN Press Medan, 2012
  6. Farikhah, Siti. Manajaemen Lembaga Pendidikan. Yogyakarta : Aswaja Persindo, 2015
  7. Fathurrahman, Pupuh dan AA. Suryana. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: PT. Refika Aditama, 2005
  8. Fathurrohman, Muhammad, dan Sulistyorini. Meretas Pendidikan Berkualitas dalam Pendidikan Islam: Menggagas Pendidik atau Guru yang Ideal dan Berkualitas dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras.
  9. Handono, dkk., Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Education Management Vol 6 N0 1 Juni 2017 26 – 33
  10. Jafri, Novianti. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: Pengetahuan Manajemen, Efektivitas,kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi) Yogyakarta: Deeppublish, 2017
  11. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademik. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan- BPSDMPMP, 2015
  12. Kementerian Pendidikan Nasional. Supervisi Akademik, Modul Pelatihan Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan- BPSDMPMP, 2011
  13. Kementrian Pendidikan Nasional. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan BPSDMPMP, 2011
  14. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahan Ajar Pembekalan Keterampilan Su[ervisi Akademik Dalam Perencanaan Pembelajaran.. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2019
  15. Madjid, Abdul. Pengembangan Kinerja Guru Melalui kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra biru, 2016
  16. Masram dan Muah. Manajemen Sumber Daya Manusia Profesional. Jakarta: Zifatama, 2017
  17. Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014
  18. Purwanto, Nurtanio Agus. Kepemimpinan Pendidikan Yogyakarta: Interlude, 2019
  19. Risnawati. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta:Aswaja Pressindo, 2014
  20. Rodliyah, St. Supervisi Pendidikan dan Pembelajaran. Jember: STAIN Jember, 2014
  21. Safaruddin dan Asrul. Manajamen Kepengawasan Pendidikan. Bandung. Cipta Pustaka Media, 2014
  22. Siahaan, Amirudin, dan Rahmad Hidayat. Konsep-Konsep Keguruan dalam Pendidikan Islam Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2017
  23. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010
  24. Sukana, W dkk., Kontribusi Kepemimpinan Transformasional,Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik,Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Kerthawisata. Denpasar : Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 10 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2019 157 – 162
  25. Sulhan, Muwahid. Supervisi Pendidikan, Teori dan Terapan Dalam Mengembangkan sumber Daya Guru. Surabaya: Acima Publishing, 2013
  26. Supardi. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014
  27. Tifyani. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kemampuan Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Pada MI Swasta Se Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun 2015/2016. Tesis Pasca Sarjana Prodi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Surakarta.
  28. Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,
  29. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  30. Uno, Hamzah B dan Lamatenggo,Nina. Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Akasara, 2014
  31. Uno, Hamzah B. Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Akasara, 2013
  32. Wahyudi, Imam. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012
  33. Wahyudi. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organizaion). Jakarta: Alfabeta, 2009