Main Article Content

Abstract

Melalui pembangunan nilai-nilai ibadah di lingkungan madrasah yang bersumber dari pembelajaran fiqih diharapakan dapat mengurangi tingkat kenakalan remaja dan sekaligus menjadi dasar pegangan peserta didik terutama dalam menghadapi perkembangan zaman yang banyak membawa pengaruh negatif sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi dan mendekripsikan perencanaan pembelajaran fiqih, implementasinya dan hasil implementasi pembelajaran fiqih dalam membangun nilai-nilai ibadah pada peserta didik MTsN Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah studi multi situs. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Perencanaan pembelajaran fiqih dalam membangun nilai-nilai ibadah pada peserta didik MTsN Kabupaten Aceh Tamiang meliputi perencanaan dengan cara menganalisis tujuan pembelajaran, menentukan materi pembelajaran, membuat rencana pembelajaran dan menggunakan metode serta strategi pembelajaran yang sesuai dan mengintegrasikan nilai-nilai ibadah dalam kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahapan, diantaranya yaitu memahami isi kurikulum dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik. Hasil pelaksanaan pembelajaran fiqih dalam membangun nilai-nilai ibadah pada peserta didik MTsN Kabupaten Aceh Tamiang terlihat dari perubahan tingkah laku yang ditunjukkan oleh peserta didik yang bersumber dari nilai-nilai ibadah seperti nilai-nilai ketakwaan, kedisiplinan, keikhlasan, kesabaran, dan rasa syukur dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam interaksi dengan orang lain, pendidikan, dan kegiatan sosial,

Keywords

Implementasi Pelajaran Fiqih Nilai-Nilai Ibadah

Article Details

How to Cite
anum, yusrianum. (2024). Implementasi Mata Pelajaran Fiqih Dalam Membangun Nilai-Nilai Ibadah Pada Peserta Didik MTsN Kabupaten Aceh Tamiang. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 46-62. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v10i2.7753

References

  1. Ahmad Tanzeh. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Teras.
  2. Diyas Sri Widiastuti. Mawardi. (2023). Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Charlotte Danielson Pada Kelas III SD. 9(16).
  3. Gusniawan, P. P. (2023). Meningkatkan Ketrampilan Ibadah Shalat Peserta Didik Di Sma Sultan Agung 3 Semarang Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam.
  4. Hartati. (2020). Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
  5. Jauhar, A. A.-M. H. (2009). Maqashid Syariah. Amzah.
  6. Muhammad Arif Nasruddin, M. (2022). Penanaman Kesadaran Beribadah Shalat Wajib Peserta Didik Oleh Guru (Studi Kasus Di SMP NU Sunan Giri Kepanjen Malang). JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 1(1), 1–10.
  7. Nata, A. (2017). Sejarah Pendidikan Islam : Pada Periode Klasik dan Pertengahan / Abuddin Nata (ke-3). Rajawali Pers.
  8. Nugroho, H. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Semarang. Jurnal Pendidikan Karakter, 1–69. http://eprints.walisongo.ac.id/12/
  9. Nurdin, M. (2010). Kiat Menjadi Guru Profesional. Arruz Media.
  10. Nurjanah, I. & E. (2021). Penerapan Metode Active Learning pada Pelajaran Fiqih di masa Pandemi Covid-19 The Implementation of Active Learning Methods in Fiqh Lessons during the Covid-19 Pandemic. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Pascasarjana STAI Syamsul ’Ulum Gunungpuyuh, 02, 65–75.
  11. Pertiwi, A. A., & Achadi, M. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Fikih Pada Kelas 9 di Mts Negeri 2 Karawang. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 3(3), 2503–3506.
  12. Rahmi Amelia Amar &, & Yarshal, D. (2023). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWAnPADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SD NEGERI 101893BANGUN REJO KECAMATAN TANJUNG MORAWA. Inovasi Penelitian, 3(10), 196–200.
  13. Rifa’i, N. I. dan A. (2021). NOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BLENDED COOPERATIVE E LEARNING DI MASA PANDEMI. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(2), 6.
  14. Suci Nurmaya Ulfah, M. W. A. (2019). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH SANAWIAH NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA Magister Pendidikan Agama Islam , Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Magister Pendidikan Agama Islam , Fakultas Ilmu Tarbiyah d. x, 867–877.
  15. Trianto. (2011). Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan dan tenaga kependidikan. Kencana.
  16. Widianti. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah 3 Metro. UIN Raden Intan, 1–95.
  17. Yandrizal, A. &. (2021). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Adriantoni. Jurnal Pendidikan Islam Murabby, 4(2), 131–142. https://doi.org/10.15548/mrb.v4i2.2821