Main Article Content

Abstract

The purpose of this study is to analyze SMKN is one of the formal educational institutions that must be able to answer the needs and needs of new communities (users) according to market conditions, to be able to organize education autonomously and comprehensively, then human resources such as principals are capital and assets in education if they can work and innovate well. This research aims to see: 1) How to plan principal management in innovating SMKN in Jambi Province, 2) How to organize principal management in making SMKN innovations in Jambi Province, 3) How to overcome the constraints of principal management in making SMKN innovations in Jambi Province, and 4)How the results / evaluation of principal management in making SMKN innovations in Jambi Province. By using a qualitative approach, researchers are incriminated directly with the object of research to ensure the correctness and validity of the data obtained in the field. The results of the research are expected to be a reference from the principal's management in carrying out innovations in their schools so that they can maximally use existing resources and can improve their quality.


Keywords: Management, Principal, Innovation


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tentang SMKN di Provinsi Jambi yang belum efektif dalam melakukan inovasi disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, ingin menemukan dan menentukan perencanaan (Planning). Pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), SMKN dalam pengelolaan dan inovasi di Provinsi Jambi, ingin menemukan tentang konsep pengelolaan inovasi SMKN di Provinsi Jambi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Diharapkan peneliti mendapat gambaran mengenai kualitas, realitas, dan persepsi sasaran peneliti. Teknik pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini belum efektif karena faktor internal dan eksternal yang ada pada SMKN. Perencanaan kepala sekolah dalam melakukan inovasi sudah didasarkan pada tujuan yang jelas tapi belum optimal, dari aspek sumber daya manusia dan dukungan dana yang tidak maksimal. Pengorganisasian SMKN sudah fungsional pembagian kerja sudah tercapai pedoman kerja yang belum maksimal. Pelaksanaan inovasi SMKN sudah bekerjasama dengan pihak luar sekolah, belum menghasilkan lulusan yang sesuai dengan standard nasional yaitu menghasilkan alumni yang siap kerja, Pengawasan dalam pengelolan di SMKN terhadap inovasi pembelajaran kurang maksimal, dikarenakan pengawasan yang tidak dilakukan secara berkesinambungan. Rekomendeasi hasil penelitian ini peneliti merekomendasikan khusus kepada kepala sekola, guru, dan tenaga administrasi di SMKN 1 Merangin, SMKN 1 Tanjung Jabung Timur, SMKN 2 Kota Jambi Serta lembaga pendidikan baik formal maupun non formal di Provinsi.


Kata Kunci: Manajemen, Kepala Sekolah, Inovasi. Provinsi Jambi

Keywords

Management Principal Innovation

Article Details

How to Cite
Faridl, F. H. (2024). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Melakukan Inovasi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Provinsi Jambi. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 78-96. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v10i2.7908

References

  1. Anonim. Al-Quran dan Terjemahnya, Jakarta: Departemen Agama, 2008
  2. Abdullah, Ma’ruf. Manajamen Bisnis Syariah, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2011.
  3. Abu Ahmadi, Psikologi Social, (Jakarta : PT RINIKA CIPTA, 1999),
  4. Adler, Patricia A. & Peter Adler, “Teknik-Teknik Observasi”. dalam Norman K. Denzin dan YvonnaS.Lincoln, Handbook of Qualitatif Research.Penerjemah: Dariyatno, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
  5. Agung, Iskandar dan Yufridawati, Pengembangan Pola Kerja Harmonis dan Sinergis antara Guru, kepala Sekolah, dan Pengawas: Panduan Meningkatkan Kompetensi bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Jakarta : Bestari Buana Murni, 2013.
  6. Anwar H.M, Muhammad, Pengantar dasar ilmu manajemen (Jakarta: kencana media: 2020),
  7. Ambarita, Alben. Kepemimpin Kepala Sekolah ,Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015.
  8. Ancok, D. Psikologi kepemimpinan dan inovasi. Jakarta: Erlangga, 2012..
  9. Anonim. Peraturan Menteri Pendidikan Depdikbud RI Nomor 70 Tahun 2013 tentang kerangka Dasar dan Struktur Kurkulum Sekolah Menegah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan, Jakarta: Depdikbud, 2013..
  10. Bikri, Muhammad Risal, Minna El Widdah, and Siti Raudhatul Jannah. Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Merangin. Tesis, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2021. http://repository.uinjambi.ac.id/6416/
  11. Bukit, Masriam. Strategi dan Inovasi Pendidikan Kejuruan: dari Kompetensi ke Kompetisi Bandung: Alfabeta, 2014.
  12. Bungin, Burhan. Metodologi Penelitan Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Kencana, 2013.
  13. Darmawan, Deni. Inovasi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
  14. Fuazi Imron, Manajemen Pendidikan Ala Rosulullah (Jakarta: Ar-Rus Media, 2012), 68-69
  15. Fullan, Michael. The gNewg hMeaningi joffeEducationalg feChange, NewfeYork: TeachersfeCollegefePress,fe2007.
  16. George R. Terry, prinsip-prinsip manajemen (Indonesia: Bumi Aksara, 2013),
  17. Goleman, Daniel, Emotional Intelligence ( Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2003),
  18. Hadhiri, Chouruddin. Akhlak dan Adab Islami; Menuju Pribadi Muslim Ideal Jakarta: Buana Ilmu Komputer, 2015.
  19. Hadi, Sutrisno. Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015
  20. Hoy, WayneoK. dan Cecil G. Miskel, AdministrasifePendidikan: Teori,feRisetfedan Praktik, Terj.feDaryanto & Rianayati K. Pancasari, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
  21. Huda, Syamsul; El Widdah, Minnah. Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Madrasah. 2018. http://repository.uinjambi.ac.id/273/1/Manajemen%20Strategi%20Peningkatan%20Mutu%20Madrasah.pdf
  22. Isamuddin, Isamuddin, et al. "Implementasi Analisis Swot Pada Manajemen Strategik Dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Muara Bungo." Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2.2 (2021): 1034-1050,https://Www.Dinastirev.Org/Jmpis/Article/View/770
  23. Janaidah, ”Manajemen Strategis Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,” (Disertasi UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, 2022),
  24. Jaya, ”Manajemen Strategic Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalitas Tenaga Kependidikan,’’(Disertasi UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, 2021),
  25. Jones, Gareth R, Essentials of Contemporary Management, (New York: McGrawHill, 2004), 114
  26. Jono M Munnandar dkk, pengantar manajemen panduan komprehensif pengelolaan organisasi (Bogor: IPB Press, 2014),
  27. Joseph L. Massie, Dasar-dasar manajemen (Jakarta: Erlangga, 2019),
  28. Itika, Joseph Stephen. Fundamentals of Human Resource Management Emerginer Experiences from Africa. RB.Leiden: African Studies Centre, 2011.
  29. Kadir, Basir. Menebar Inovasi Menyamai Kemajuan, Makasar: The Fajar Institute of Pro Otonomi (FIPO), 2010.
  30. Khairuddin, ” Model Madrasah Aliyah Negeri 2 Medan ini diberi judul Penerapan Inovasi Manajemen Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam,” (UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, 2021),
  31. Khairinal, Menyusun Proposal, Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jambi: Salim Media Indonesia, 2016.
  32. Kristiawan, Muhammad, Dkk. Inovasi Pendidikan. Jawa Timur: Wade Print, 2018. https://www.researchgate.net/profile/MuhammadKristiawan/publication/326147438_INOVASI_PENDIDIKAN/links/5b3b3c634585150d23f2317b/INOVASI-PENDIDIKAN.pdf
  33. Lisnawati Rita, “Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, Dan Kinerja Guru”, Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) 2, No. 2 (Maret 2017): 143 - 149, http://dx.doi.org/10.26740 /jp.v2n2.
  34. Lexi J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), 3.
  35. Luthans, Fred. Organizational Behavior, Third Edition, tk: McGraw-Hill, 1973.
  36. Maisah, “Manajemen Pemimpin dalam Memotivasi Kinerja Tenaga Pengajar,” Nur El Islam (April 2015): 1-28, https://www.neliti.com/publications/226409/manajemen-pemimpin-dalam-memotivasi-kinerja-tenaga-pengajar
  37. Mariana Een Henrayani, ”Pengembangan Inovasi di Sekolah”, diakses pada 28 Juli 2021, http://een-henrayani.blogspot.com/2013/05/pengembangan-inovasi-disekolah 33 - 56.html.
  38. Mas’ud Abdurrahman, “Politics of the Nation and Madrasah’s Policy,” Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 11, no. 3, (Desember 2013): 221.
  39. Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru Terj. Tjetjep Rohedi Rohidi. Jakarta: UI Press, 2007.
  40. Muhammad, Etika Bisnis Islam, Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
  41. Muhardiansyah, Doni,dkk.eInovasierdalamerSistemerPendidikan: Potret Praktik Tata Kelola Pendidikan Menengah Kejuruan, Jakarta: Direktorat Penelitian dan Pengembangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, 2010
  42. Mulyasa, E.S Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendididikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah Jakarta: Bumi Aksara, 2008
  43. Mulyasa, E. Menjadilo Kepala loSekolahi iyangi iProfesional, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2008.
  44. Mulyasa. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2017.
  45. Nurzila, ”Supervise Kepala Madrasah Dalam Memotivasi Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Di Provinsi Jambi,’’(Disertasi UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, 2022),
  46. Nata, Abuddin. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
  47. Oemar Hamalik, Kurikulum Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2003),106.
  48. Orey Michael ,”emerging perspectives om learning, teaching, and technology,” the jacobs foundation 67, no.10 (april 2010): 243, https://scholar.google.com>citation
  49. Purnomo Eko, “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Motivasi Dan Kinerja Guru”, Jurnal Ilmu dan Budaya 41, No. 62 (Februari 2019), https://journal.unas.ac.id>article>view
  50. Rahmi, Sri. Total Quality Management dalam Memajukan Pendidikan Islam. Intelektualita Volume 3, 2015.
  51. Rivayanti, et al, “Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalisme Guru”, Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media 1, no. 1 (September 2020):10-17, https://ejournal.karinosseff.org>jitim>view.
  52. Riyanto, Yatim. Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas), Jakarta: Kencana, 2010.
  53. Rusdiana, A. Konsep Inovasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2014.
  54. Ruswandi, M. Kewirausahaan SMK/MAK X/10, Karawang: Arus Publishing, 2012.
  55. Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan dan Kontemporer Bandung: Alfabeta, 2009.
  56. Schiling, Melissa A. Manajemen Startegis Inovasi Teknologi, Penerjemah: Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
  57. Sudira MP, Putu. Kurikulum, Tingkat, Satuan, dan Pendidikan SMK Jakarta: Depdiknas, 2006.
  58. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta, 2007
  59. Syaefudin Sa’ud, lUdin. Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2014.
  60. Syafaruddin, Asrul, dan Mesiono, INOVASI PENDIDIKAN (Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan) Medan: Kelompok Penerbit Perdana Mulya Sarana, 2012
  61. Taufiqurahman Muhammad, Management Dalam Prespektif Islam (Ponorogo: HES UNIDA GONTOR, 2019),
  62. Tsai, W, Knowledge transfer in intraorganizational networks: Effects of network position and absorptive capacity on business unit innovation and performance. Academy of Management Journal, (2001). 44(5), 996–1004. https://doi.org/10.2307/3069443
  63. Uhar Suharsaputra, Kepemimpinan Inovasi Pendidikan Mengembangkan Spirit Entrepreneurship Menuju Learning School, Bandung:Refika Aditama.
  64. UharfeSuharsaputra.iAdministrasifePendidikani, Bandung: Refika Aditama, 2010.
  65. Umar Husein, Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen (Jakarta:PT.Gramedia, 2002), 87.
  66. Wijaya Basuki, Manajemen Pendidikan, Teknologi Kejuruan dan Vokasi (Jakarta:Bumi Aksara, 2017).
  67. Wijaya, Cece, dkk. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.
  68. Zuhriah Nurul, Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2006),