Main Article Content
Abstract
Kualitas pendidikan dapat dilihat dari seberapa puas pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh lembaga. Pelayanan pendidikan yang diberikan oleh lembaga harus memenuhi harapan dan keinginan pelanggan. Wali siswa sebagai salah satu pelanggan eksternal memiliki peran penting dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, serta kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di SMP IT Sunan Kalijaga Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus karena ingin mengetahui secara mendalam mengenai kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan di SMP IT Sunan Kalijaga Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan yang ada di SMP IT Sunan Kalijaga memenuhi lima aspek yakni tangible, reliabel, responsif, jaminan dan keamanan, serta empati. Pelanggan dalam hal ini adalah wali siswa menunjukkan kepuasan atas pelayanan yang telah diberikan oleh SMP IT Sunan Kalijaga. Hal ini dibuktikan dengan adanya re-purchase dan memberikan rekomendasi kepada orang lain. Kualitas pelayanan yang diberikan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena lembaga mampu untuk memenuhi harapan para pelanggan dengan menunjukkan kinerja terbaik saat memberikan pelayanan kepada pelanggan.
Keywords
Article Details
References
- Arafah, N., Zakariyah, & Chrysoekamto, R. (2020). Kualitas pelayanan pendidikan islam dalam mencapai kepuasan pelanggan/peserta didik di mts pacet mojokerto. Inovatif, 6(2), 1-19.
- Ayu, L.S., & Purba, M.L. (2020). Pengaruh fasilitas dan harga terhadap kepuasan orangtua murid di sekolah stanford international pre-school medan. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(2), 59-69.
- Dermawan, O. (2016). Partisipasi wali murid di sekolah dasar (sd) kuttab al fatih bandar lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 217-236.
- Dirgantari, P.D. (2012). Pengaruh kualitas layanan jasa pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa serta dampaknya terhadap upaya peningkatan citra perguruan tinggi negeri menuju world class university (studi pada mahasiswa asing di itb, unpad, dan upi). Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, 3(2), 1-25. https://doi.org/10.17509/jimb.v3i2.1039
- Epstein, J.L. (2011). School, family, and community partnershis: preparing educators and improving schools. Westview Press.
- Faozi, R. (2018). Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan orang tua sisa yang menggunakan jasa pendidikan pada sekolah dasar negero sukatani cianjur. Skripsi, Universitas Pakuan Bogor.
- Kotler, P., & Keller, K.L. (2003). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
- Lubis, A.F. (2021). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan peserta didik di madrasah tsanawiyah al hidayah bandar lampung. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
- Lupiyoadi. (2013). Manajemen pemasaran jasa: berbasis kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
- Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana. (2014). Qualitative data analysis: a method sourcebook. SAGE Publications.
- Mulyasa. (2004). Manajemen berbasis sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Musgrave, E. (2019). Financing education around the world: the impact of finance on education system. Routledge.
- Mutohar, P.M. (2013). Manajemen mutu sekolah strategi peningkatan mutu dan daya saing lembaga pendidikan islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Owens, R.G., & Valesky, T.C. (2015). Organizational behavior in education: leadership and school reform (11th ed.). Pearson.
- Prasojo, L.D. (2016). Manajemen mutu pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
- Rahmadana, M.F., et al. (2020). Pelayanan publik. Yayasan Kita Menulis.
- Rohmawati, E., Maftukhin, Akhyak, Fuadi, I., & Mutohar, P.M. (2022). The role of quality control in improving the quality of learning with competitive advantage at mts darul hikmah tulungagung and mts maarif nu 2 sutojayan blitar. Technium Social Sciences Journal, 28, 126-134.
- Rokhman, F. (2016). Manajemen pendidikan islam: konsep, teori, dan aplikasi. Rajawali Press.
- Rusdi, T. (2017). Manajemen layanan pendidikan islam. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 1-9.
- Schunk, D.H. (2012). Learning theories: an educational perspective. Pearson.
- Setiawan, B.A. (2018). Tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan pendidikan di sd integral lukman al hakim jember. Jurnal Tarim, 1(2), 73-84.
- Srivastava, S., & Hussaini, N. (2023). Managing quality in higher education system: insights. Management Research and Practice; Bcharest, 15(1), 63-79.
- Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
- Suwandi, Nasution, A., Ismal, M.Z., & Sagala, S. (2023). Implementasi manajemen berorientasi mutu pada stai tebing tinggi deli. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 13-29. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v10i2.7395
- Syahrul. (2013). Penelitian sebagai instrumen perbaikan kualitas kinerja organisasi pendidikan secara berkelanjutan. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 150-163.
- Syihabuddin, M.A., Qomar, M., & Mutohar, P.M. (2023). Implementation of quality improvement strategies of islamic education institutions at smp islamic qon gresik indonesia. International Journal of Social Science and Education Research Studies, 3(6), 1011-1018.
- Wati, D.S.S., Mutohar, P.M., & Muhajir, A. (2023). Pelayanan dan kepuasan pelanggan di lembaga pendidikan islam. Journal of Education Research, 4(3), 1617-1624.
- Wijaya, C., Aziza, S., & Hasanah, W. (2019). Pelanggan dan kepuasan. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 4(2), 16-25.
- Yaqien, N. (2017). Urgensi pelayanan prima dalam meningkatkan mutu pembelajaran di lembaga pendidikan islam. J-MPI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). 11-21.