Main Article Content

Abstract

Peneliti berusaha mengkaji tentang bagaimana evaluasi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung. Selama pandemi berlangsung peneliti melihat bahwa evaluasi di pondok pesantren tersebut berkurang atau masih tergolong rendah, hal ini dikarenakan tidak efektifnya waktu siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan dikarenakan minimnya waktu guru tidak memberi evaluasi harian terhadap siswa, sehingga siswa tidak mengetahui sampai dimana pemahaman belajar yang diperoleh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana standart evaluasi siswa selama pandemi, dan bagaimana guru memberi evaluasi istima’ siswa selama pandemi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren al-ikhwan as-salam Tanjung Pura. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah: observasi, wawancara dokumentasi, yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru bahasa Arab istima’. Setelah diperoleh hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan data bahwasannya evaluasi pembelajaran Istima’ Selama Pandemi Di Pondok Pesantren Al-Ikhwan As-Salam Tanjung Pura adalah:  perbedaan dalam standart evaluasi selama pandemi dan sebelum pandemi tidak ada hanya saja waktu dan jam pembelajaran yang dikurangkan.  Adapun guru dalam memberi evaluasi dengan menggunakan video yang terbagi menjadi dua level: level A dan Level B, kemudian murid mendengarkan lafal yang benar sesuai pendengaran masing-masing, dan mengisi titik-titik.

Keywords

pembelajaran bahasa arab pembelajaran masa covid 19 keterampilan istima'

Article Details

References

  1. محمد علي الخولى." أساليب تدريس العربية". )بيروت:دار المشرق,2000).
  2. Suyadi,"strategi pembelajaran pendidikan karakter”,(Bandung : PT. RemajaRosdakarya, 2013).
  3. Suharsimi Arikunto, “Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan”, (Jakarta : Bumi Aksara, 2018).
  4. حسن شحائة."تعليم اللغة العربية بين نظرية والتطبيق".) مصدر : دار المصرية اللبنانية دون سنة).
  5. Zulhannan,” Tekhnik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif”,(Jakarta : Pt. Raja Grafindo Persada).
  6. محمد ابرهيم، "الاتجاهات المعاصرة في تدريس اللغة العربية واللغات الحية الأخرى لغير الناطقين بها"، (القاهر دارا لفكر العربي،1987).
  7. محمد صالح الشنطي، "المهارة الغوية مدخل الى خصائص اللغة العربية وفنونها"، )دار الأندلس للنشر والتوزيع، 2003(
  8. رشد أحمد طعيمة، محمد السيد مناع. "تعليم العربية والدين بين العلم والفن"،ملتمز الطبع والنشر : در الفكر العربي 2001).
  9. محمد السيد مناع، "تعليم العربية والدين بين العلم والفن".)دار الفكر العربي : شارع عباس العقاد)مدينة نصر)،
  10. Eman Supriatna.2020.”Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i”, diakses pada tanggal 15 juli 2021
  11. Yupa.2019.”Historical Studies Journal”, Diakses Pada Tanggal 15 juli- 2021
  12. Ria Puspita Sari,”Dampak Pembelajaran Darring Bagi Siswa Selama Covid-`19”,(Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2012) .
  13. Mastura, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa”, (Jurnal : Studi Guru Dan Pembelajaran,2020).