Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi, motivasi, dan biaya administrasi terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Karang Baru. Jenis penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu accidental sampling, yaitu pengambilan sampel secara kebetulan. Artinya siapa saja anggota populasi yang ditemui saat dilakukan penelitian maka anggota populasi tersebut ditarik sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji dan uji F. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas di Unit Pegadaian Syariah Karang Baru Aceh Tamiang, dimana diperoleh nilai t sig. 0,017 < 0,05. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas di Unit Pegadaian Syariah Karang Baru Aceh Tamiang, dimana diperoleh nilai t sig. 0,042 < 0,05. Biaya administrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas di Unit Pegadaian Syariah Karang Baru Aceh Tamiang, dimana diperoleh nilai t sig. 0,049 < 0,05. Promosi, motivasi, dan biaya administrasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas di Unit Pegadaian Syariah Karang Baru Aceh Tamiang, dimana diperoleh nilai F sig. 0,000 < 0,05.
Keywords
Article Details
References
- Ali Hasan, Marketing, Yogyakarta: Medpress, 2009.
- Buchari Alma, Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2010.
- Buchari Alma, Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2010.
- Fandy Tjiptono, Strategi Bisnis Pemasaran, Yogyakarta: Andi, 2008.
- Hasibuan, S.P Melayu. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara
- Jopie Jusuf, Analisis Kredit, Yogyakarta: Andi, 2008.
- Mulyadi, Akuntansi Biaya, Yogyakarta: UPPAMP YKPN, 2012.
- Nugroho. J Setiadi, Perilaku Konsumen, (Jakarta: Kencana, 2010.
- Philip Kotler & Garry Armstrong, Principle of Marketing: Prinsip-prinsip Pemasaran, Terhemahan Bob Sabran, Jakarta: Erlangga, 2008.
- Rudianto, Akuntansi Manajemen, Jakarta: Grasindo, 2008.
- Samryn, Akuntansi Manajemen, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
- Schiffman & Kanuk, Consumer Behaviour: Perilaku Konsumen, Terjemahan Dian Angelia, Jakarta: Indeks, 2009.