Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman dosen fakultas ekonomi dan bisnis islam terhadap pasar modal syariah (Y) dengan indikator pendidikan (X1), pengetahuan (X2), dan media informasi (X3). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pendekatan deskriptif. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini Berdasarkan uji parsial (t) diketahui bahwa variabel Pendidikan (X1) tidak berpengaruh terhadap variabel (Y) hal ini menunjukkan bahwa variabel pendidikan tak ada pengaruh indikator pendidikan dengan jenis invetasi yang dipilih dari tindakan investor. Pada variabel Pengetahuan (X2) berpengaruh terhadap variabel (Y) hal ini didukung penelitian sebelumnya, mengatakan variabel pengetahuan jadi faktor yang memberi pengaruh tingkat pemahaman berinvestasi pada pasar modal. Wawasan atau pengetahuan seseorang sebagai bentuk tolak ukur pemahaman terhadap pasar modal. Dengan adanya kemajuan teknologi yang mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi tentang pasar modal dapat diakses dengan mudah sehingga dengan banyaknya informasi yang diperoleh dapat menambah wawasan masyarakat terhadap pasar modal. Pada variabel Media Informasi (X3) tidak berpengaruh terhadap variabel (Y) Ini didukung penelitian sebelumnya dimana pertimbangan calon investor dalam berinvestasi bersumber dari kesadaran atau keyakinan seseorang terhadap bertindak tersebut. Untuk berinvestasi dengan niat calon investor, seseorang berusaha memenuhi keinginannya dengan berbagai cara, termasuk mempelajari informasi terkait dunia investasi, mengikuti kursus pelatihan dan mencari informasi tentang pasar modal. Berdasarkan uji Determinasi diperoleh hasil bahwa variabel (X) terhadap pemahaman dosen terkait pasar modal syariah (Y) adalah sebesar 41,8%. Sedangkan sisanya 58,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Abstract
The purpose of this study is to determine how education, knowledge, and access to the media all influence how well students in Islamic business and economics classes understand the syariah-compliant capital markets represented by Y. (X3). Statistical descriptive inference is the research method of choice. Data analysis techniques include robust linear regression analysis. This study's findings Based on the partial correlation test, we know that the education variable (X1) has no effect on the other variables (Y), which indicates that the education indicator has no effect on the kind of investment chosen by the investor. Preliminary research suggested that the level of education one has is a significant predictor of success in the stock market, lending credence to the hypothesis that educational attainment influences investment knowledge. Knowledge or insight as a measure of one's level of understanding of the financial markets. As a result of technological advancements that make obtaining information about the stock market easier for the general public, that general public's awareness of the market as a whole has expanded. Media Exposure (X3) has no effect on the other independent variables (Y) This is supported by prior research showing that an individual's outlook on investing stems from his or her knowledge and beliefs about the market. One may fulfill their investment goals in a number of ways, such as by taking training courses and reading up on the stock market. The results of the Determination exam showed that the sensitivity of the dose-response relationship between the variable (X) and the sharia capital markets (Y) was 41.8 percent. Yet the other 58.2% is affected by some other variable that isn't explained here
Keywords
Article Details
References
- Aini N, Maslichah & Junaidi. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Kota Malang). E-JRA. No.5. Vol. 08.
- Mulyana, M., Hidayat, L., & Puspitasari, R. (2019). Mengukur Pengetahuan Investasi Para Mahasiswa Untuk Pengembangan Galeri Investasi Perguruan Tinggi. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi. No. 1. Vol. 3.
- Abdi, M N., & Suarni, A. (2019). Tingkat Pemahaman Masyarakat Tentang Pasar Modal Syariah di Sulawesi Selatan. AKMEN Jurnal Ilmiah. No. 3. Vol. 16.
- Zulchayra, Z., Ibrahim, A., & Fitria, A. (2020). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan terhadap minat Investasi di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Mahasiswa di Banda Aceh). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(2), 138-155.
- Susilo, E. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Masyarakat Desa Terhadap Produk Perbankan Syariah (Studi Di Desa Sumber Jaya Jati Agung Lampung Selatan). (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
- Mubarak F. (2015). Faktor Dan Indikator Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Management of Education. No 1. Vol 1.
- Kurniawan, I. (2021). Pengaruh Pengetahuan Tentang Pasar Modal Syariah Terhadap Minat Investasi Saham di Pasar Modal Syariah. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, No. 3. Vol 1.
- Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS (Jakarta : PT. Gramedia).
- Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS (Yogyakarta : Deepublish).
- Zaenuddin, M. (2018). Isu, Problematika, Dinamika Perekonomian dan Kebijakan Publik: Kumpulan Essay, Kajian dan Hasil Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (Yogyakarta: Deepublish).
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alpabeta.
- Ghozali, I & Adityamurti. (2017). Pengaruh penghindaran pajak dan biaya agensi terhadap nilai perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 6. No.3.
- Pratiwi, I. (2015). Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Jenis Investasi Dan Perilaku Investor Pasar Modal Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 4, No. 2.
- Riska F, Amri. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Mahasiswa FEB Unsyiah Tentang Produk dan Transaksi Pasar Modal Syariah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam. No. 1. Vol. 3.
- Tandio, Timothius dan A. A. G. P., & Widanaputra. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender, dan Kemajuan Teknologi pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 16. No.3.
- Firdhausa, F. & Apriani, R. (2021). Pengaruh platform media social terhadap minat generasi milenial dalam berinvestasi di pasar modal. Supremasi Hukum. No 2. Vol. 17.