Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Mempertahankan kualitas produk dan mengurangi jumlah produk yang rusak merupakan tantangan utama bagi perusahaan dalam memastikan keberlanjutan usahanya. Pengawasan kualitas menjadi faktor kunci dalam proses produksi agar produk yang dihasilkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. CV. Selvas Production menerapkan metode pengendalian kualitas dengan menggunakan alat bantu statistik guna memantau dan menganalisis tingkat kecacatan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas alat bantu statistik dalam mengidentifikasi dan mengurangi tingkat kerusakan produk. Permasalahan utama yang dihadapi adalah tingginya angka cacat produk yang berpotensi menurunkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan biaya produksi. Untuk itu, penelitian ini menggunakan metode analisis statistik dengan beberapa alat seperti check sheet, histogram, peta kendali p, diagram pareto, dan diagram sebab akibat (fishbone diagram). Check sheet dan histogram digunakan untuk mengidentifikasi jenis cacat yang paling sering terjadi. Peta kendali p diterapkan untuk menentukan apakah cacat produk masih dalam batas kendali atau tidak. Diagram pareto membantu mengidentifikasi jenis cacat dominan, sedangkan diagram sebab akibat digunakan untuk menemukan faktor utama penyebab cacat produk serta memberikan rekomendasi perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan alat bantu statistik dapat membantu mengidentifikasi penyebab utama cacat produk dan memberikan solusi perbaikan yang lebih efektif. Implikasi dari penelitian ini adalah perusahaan dapat meningkatkan efisiensi produksi serta mempertahankan kualitas produk, sehingga dapat meningkatkan daya saing di pasar.


 


Kata kunci: Alat Bantu Statistik, Defect Product, Pengendalian Kualitas, Proses Produksi

Keywords

Kata kunci: Alat Bantu Statistik, Defect Product, Pengendalian Kualitas, Proses Produksi.

Article Details

References

  1. Abd. Aziz, A., Agustinar, A., Yahya, M., & Nur Azizah. (2023). Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, dan Nilai yang Dirasakan: Mengukur Loyalitas Konsumen di Warung Kopi Kota Langsa. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5, 189–208. https://doi.org/10.32505/jim.v5i2.7184
  2. Anou, K. N., Kareth, Z. V., & Sinaga, E. S. (2023). Jurnal Pengabdian Papua ISSN 2550-0082 PELATIHAN DESAIN GRAFIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SOFT SKILL DAN KEMANDIRIAN DALAM ERA DIGITAL 4 . 0. 7(2).
  3. Aravik, H., Nofiansyah, D., Tohir, A., & Meriyati, M. (2023). Pelatihan Penyusunan Citation Dan Reference Manager Menggunakan Aplikasi Mendeley Dalam Menulis Karya Ilmiah. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 19–32. https://doi.org/10.36908/akm.v4i1.841
  4. Fachruzi P, D. (2021). Analisis Pengendalian Produksi Serbuk Sic Menggunakan Metode Statistical Process Control (Spc). Jurnal Stator, 4(1).
  5. Fadhilah, H. A., & Wahyudi, W. (2022). Analisa Pengendalian Kualitas Produk Packaging Karton Box PT. X dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC). Jurnal Serambi Engineering, 7(2). https://doi.org/10.32672/jse.v7i2.3987
  6. Kim, H., Lin, Y., & Tseng, T. L. B. (2018). A review on quality control in additive manufacturing. In Rapid Prototyping Journal (Vol. 24, Issue 3). https://doi.org/10.1108/RPJ-03-2017-0048
  7. Nender, M., Manossoh, H., & Tangkuman, S. J. (2021). Analisis Perlakuan Akuntansi Produk Rusak Dan Produk Cacat Dalam Perhitungan Biaya Produksi Untuk Menentukkan Harga Jual Pada Ud. 7 Jaya Meubel Tondano. Jurnal EMBA, 9(2).
  8. Piay, P. I., Kristina, H. J., & Doaly, C. O. (2021). PENGURANGAN JUMLAH PRODUK CACAT PADA PRODUKSI GLASSES BOX DENGAN METODE LEAN SIX SIGMA. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 9(2). https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v9i2.12654
  9. Prasetiyo, E. J., Ratnasari, S. L., & Hakim, L. (2020). Analisis gaya kepemimpinan, komitmen organisasional, budaya organisasi, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. JURNAL DIMENSI, 9(2). https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2531
  10. Purba, H. H., & Aisyah, S. (2017). Quality Improvement and Lean Six Sigma. Yogyakarta Expert.
  11. Saputra, R., & Santoso, D. T. (2021). Analisis kegagalan proses produksi plastik pada mesin cutting di PT. FKP dengan pendekatan failure mode and effect analysis dan diagram pareto. Barometer, 6(1). https://doi.org/10.35261/barometer.v6i1.4516
  12. Sejati, D. M. (2021). Pengaruh Proses Produksi Dan Kualitas Bahan Baku Terhadap Kualitas Produk Pada Usaha Tape Ketan 38 Magelang. Frontiers in Neuroscience, 14(1).
  13. Sivakumar, K., Balamurugan, C., dan Ramabalan, S. (2011). Simultaneous Optimal Selection of Design and Manufacturing Tolerances with Alternative Manufacturing Process Selection. Computer-Aided Design.
  14. Sundana, Pranata, S., & Lukita, C. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (BATIK TRUSMI). Jurnal Witana (JW), 01(01).
  15. Heizer, jay., Render, B., dan Munson, C. (2017). Operations Management Sustainability and Supply Chain Management, 〖12〗^th Edition. Person, United Kingdom
  16. J. Stevenson, William. (2012). Operations Management. 〖11〗^th. McGraw-Hill/Irwin.
  17. Kumar, Anil. S dan Suresh. N. (2008). Operation Management : With Skill Development, Caselets and Case. Edisi Kedua. New Age International.
  18. Neyestani, Benham. (2017). Seven Basic Tools of Quality Control: The Appropriate Techniques for Solving Quality Problems in the Organizations. Universty California.
  19. Simanova Lubica, dan Gejdos Pavol. (2015). The Use of Statistical Quality Control Tools to Quality Improving in the Furniture Business. Procedia Economics and Finance 34 276 – 283.