Main Article Content
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha kecil yang berdiri sendiri dan tidak memerlukan modal banyak yang diminati oleh pedagang kecil. Dengan berkembangnya UMKM memberikan efek yang positif terhadap pembangunan daerah dan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yaitu dapat memperluas lapangan pekerjaan, berperan dalam proses pemeretaan, peningkatan masyarakat dan juga dapat mendorong stabilitas nasional. Namun untuk mewujudkan hal tersebut memerlukan kerja keras yang maksimal agar dapat bersaing secara global dimana semakin hari mengalami peningkatan. Agar UMKM dapat bersaing di era moderen ini pengusaha UMKM dapat memanfaatkan media sosial untuk pengembangan bisnisnya supaya tidak jauh tertinggal dan selalu mengikuti perkembangan zaman ini. Pemanfaatan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis dapat mempermudah para pelaku UMKM terutama dapat meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan oleh pengusuha mikro. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pengusaha mikro sebanyak 242 UMKM. Sampel dalam penelitian sebanyak 5 pengusaha mikro di Idi Rayeuk yang sudah menggunakan media sosial dan teknik pengambilan datanya menggunakan Snowball Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan dan pemanfaatan media sosial banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh UMKM Idi Rayeuk antara lain dapat mengurangi biaya operasional, mudah memperluas jangkaun pasar dan mempromosikan bisnis. Berkembang UMKM dapat meningkatkan daya saing UMKM hal ini dapat dilihat dari segi penjualan yang mengalami peningkatan dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media sosial.