Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Generasi Z di Kota Langsa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z yang berusia 15-27 tahun baik pria maupun wanita yang menggunakan Iphone di Kota Langsa. Kota Langsa yang jumlahnya tidak diketahui dan sebanyak 90 orang menjadi sampel yang diperoleh dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk, Promosi dan Gaya Hidup berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Harga berpengaruh secara negatif terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Generasi Z di Kota Langsayang diketahui dari persamaan regresi linier bergandaY=5,152+0,323X1+0,020X2+0,212X3+0,171X4Secara parsial variabel Kualitas Produk, dan Gaya Hidup berpengaruh positif dan signifikan sedangkan Harga dan Promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Generasi Z di Kota Langsa. Kemudian hasil uji F, secara simultan Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Gaya hidup secara simultan berpengaruh signifikan terhadapKeputusan Pembelian pada Iphone pada Generasi Z di Kota Langsa. Hasi uji koefisien determinasi (R2) di peroleh bahwa variabel kualitas produk, harga, promosi, dan gaya hidup mampu menjelaskan variabel y sebesar 40,8%. Sedangkan sisanya 59,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.Untuk perusahaan Iphone agar dapat merumuskan strategi agar tidak bisa ditiru oleh pihak lain, kualitas produk semakin baik, unggul diantara pesaing lain dan terus menjaga keputusan pembelian sehingga dapat meningkatkan penjualan.Hasil penelitian ini bisa dijadikan rujukan atau literatul review bagi peneliti selanjutnya yang meneliti kasus yang sama.
Keywords
Article Details
References
- Abd. Aziz, A., Agustinar, A., Yahya, M., & Nur Azizah. (2023). Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, dan Nilai yang Dirasakan: Mengukur Loyalitas Konsumen di Warung Kopi Kota Langsa. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5, 189–208. https://doi.org/10.32505/jim.v5i2.7184
- Ariyanto, A., & Chalil, R. D. (2017). The Role of Intellectual and Spiritual Capital in Developing Halal Tourism 1*. Proceedings of The 7th Annual International Conference (AIC) Syiah Kuala University and The 6th International Conference on Multidisciplinary Research (ICMR) in Conjunction with the International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICELT, 280–288.
- Chalil, R. D., & Dharmmesta, B. S. (2015). The Role of Consumer Involvement as a Moderating Variable: The Relationship Between Consumer Satisfaction and Corporate Image on Service Loyalty. Journal of Asian Scientific Research, 5(6). https://doi.org/10.18488/journal.2/2015.5.6/2.6.303.319
- Fahriansah, Agustinar, A. R. (2023). PENGARUHKinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Pt.Adhi Karya Tbk Periode 2015-2022. Jurnal Samudra Ekonomika, 7(1), 182–192.
- Fahriansah, F., Safarida, N., & Midesia, S. (2023). Buy Now, Think Later: Impulsive Buying Behavior among Generation Z in Indonesia. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 12(2), 386. https://doi.org/10.22373/share.v12i2.17453
- Hamid, A. (2020). Mediating the Effects of Customer Satisfaction and Bank Reputation on the Relationship between Services Quality and Loyalty of Islamic Banking Customers.
- Hamid, A., Mardhiah, A., & Midesia, S. (2019). Factors Influencing The Intention To Stock Investment Among Muslim Investors In Langsa. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 8(2). https://doi.org/10.22373/share.v8i2.4679
- Kamal, S., Muslem, M., Mulyadi, M., Kassim, E. S., & Zulkifly, M. U. (2022). Is Loan Shark an Alternative? The Intentions to Take a Loan from Loan Sharks in Indonesia. Shirkah: Journal of Economics and Business, 7(2), 167–186. https://doi.org/10.22515/shirkah.v7i2.487
- Kismawadi, E. R., Muddatstsir, U. dwi Al, & Sawarjuwono, T. (2018a). Accountability and Inovative Financial Reporting to the Mosque. The International Journal of Organizational Innovation, 10(4), 111–120.
- Kismawadi, E. R., Muddatstsir, U. dwi Al, & Sawarjuwono, T. (2018b). Accountability and Inovative Financial Reporting to the Mosque. The International Journal of Organizational Innovation, 10(4).
- Sandra, H., Majid, S. A., Dawood, T. C., & Hamid, A. (2020). What Causes Children to Work in Indonesia? Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11). https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no11.585
- Smith, D. H. (2017). Alex Inkeles and Becoming Modern : Demonstrating Social Structural Influences on Overall Modernity in Six Developing Nations in the Early 1960S. 1–5.
- Sulistyono, S. W., Suliswanto, M. S. W., Dewa, P. K., Santosa, S., & Astina, C. (2022). Revenue optimization strategy through digitizing retribution parking in Kota Batu. Journal of Revenue and Pricing Management, 21(4). https://doi.org/10.1057/s41272-021-00333-y
- Zainal Abidin, Agustinar, N. A. (2020). Analisis Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Mahasiswa untuk Berwirausaha. 9802(I), 117–135. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jibf/article/view/216
- Zuliani, R., Bayduri, I., Kamal, S., & Kumalahayati, N. (2024). Analysis Of Public Perceptions of Online Zakat Payments Through the Bank Syariah Indonesia Mobile Application. 2(1), 7–14. https://doi.org/10.62265/jcaip.v2i1.56
- Angipora, Marius P. 2006. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada,.
- Francis & Hoefel 2018. True Gen: Generation Z and Its Implications for Companies.
- Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Hair. 2006 ”Multivariate Data Analysis” New Jersey: Prentice Hall.
- Kotler, P., & Amstrong, 2013. G. Prinsip-Prinsip Pemasaran; Jakarta: Erlangga.
- Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing Managemen. Ner Jersey: Prentise.
- Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gelora Aksara Pratama
- Kotler P dan Gary Armstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 12 Jakarta:Erlangga.
- Laksana, F. 2008. Manajemen Pemasaran, Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu Utama
- Setiadi, Juli Nugroho. 2015. Perilaku Konsumen: edisi revisi. Jakarta: Kencana.
- Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Sugiyono, 2019 Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”.Bandung: Alfa Beta
- Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”.Bandung: Alfa Beta.
- Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran” Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi Offset.