Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi dan pengetahuan berpengaruh terhadap keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Langsa secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah investasi emas yang ada di PT. Pegadaian Syariah Cabang Langsa pada tahun 2022 sebanyak 2.500 nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling dengan jumlah sampel adalah 96. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial promosi berpengaruh terhadap keputusan menggunakan produk tabungan emas dengan nilai thitung dari promosi sebesar 35,005 > dari ttabel sebesar 1,661, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < alpha 0,05. Pengetahuan memiliki pengaruh terhadap keputusan dalam menggunakan produk tabungan emas dengan nilai thitung dari pengetahuan sebesar 4,792 > dari ttabel sebesar 1,661, dengan nilai signifikansi 0,000 < alpha 0,05. Hal ini bermakna bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan tabungan emas. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secata simultan (keseluruhan) promosi dan pengetahuan terhadap keputusan dapat dilihat dari hasil uji F, dengan nilai Fhitung= 212,942 > dari Ftabel 2,47 dengan nilai signifikansi = 0.000. Dengan demikian nilai signifikansi (0.000 < 0.05), maka terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi (X1) dan pengetahuan (X2) terhadap keputusan (Y).

Keywords

promotion knowledge consumer decisions

Article Details