KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI SMK NEGERI 5 KOTA LANGSA (Studi Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas X SMKN 5 Kota Langsa)
Abstract
Metode pembelajaran Improve merupakan metode pembelajaran yang memberikan konsep baru melalui pertanyaan-pertanyaan yang membangun pengetahuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Improve efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMK Negeri 5 Kota Langsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian pada penelitian ini menggunakan desain Randomized Control Group Pretest-Posttest yaitu pembagian dua kelompok penelitian yaitu kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Improve dan kelompok penelitian kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 5 Langsa tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 80 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini ialah kelas X TKJ-1 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ-2 yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes. Sebelum memberikan tes kepada siswa, instrumen tes terlebih dahulu diujikan pada siswa yang telah mempelajari materi SPLDV sebelumnya yaitu dengan menghitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda butir soal. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode pembelajaran Improve efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMKN Langsa. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih besar dari nilai ttabel, yaitu, 2,026. Sehingga metode pembelajaran Improve efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMK Negeri 5 Langsa.