KONTRIBUSI PENERAPAN METODE LATICE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 JULOK

  • Annisa Putri
  • Faisal Faisal IAIN Langsa
Keywords: Metode Latice, Hasil Belajar

Abstract

Penerapan suatu metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dapat mempersiapkan siswa mampu berkompetensi dalam studi matematika. Penggunaan metode pembelajaran yang menarik minat siswa dapat menimbulkan motivasi dan semangat belajar, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa sesuai dengan apa yang diharapkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah metode Latice. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penerapan metode Latice terhadap hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VIII di SMP Negeri 1 Julok. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, sampel yang diambil dua kelas VIII-4 dan VIII-5. Penentuan kelas dilakukan secara Simple Random Sampling. Kelas VIII-4 pokok bahasan operasi bentuk aljabar yang diajarkan dengan menggunakan metode Latice, dan kelas VIII-5 diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Data diperoleh dengan memberikan tes awal dan tes akhir pada kedua kelas dengan soal yang sama. selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan uji T pada taraf signifikan α = 0,05 atau 5%. Dari hasil pengolahan data tersebut thitung > ttabel yaitu 6,23 > 1,66 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Julok yang diajarkan dengan menerapkan metode Latice lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan metode konvensional pada pokok bahasan Aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27