PENGARUH STRATEGI KONFLIK TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA MTsN MANYAK PAYED

  • Annisatul Fuadi
  • Yusaini Yusaini IAIN Langsa
  • Marzuki Marzuki IAIN Langsa
Keywords: Strategi Konflik Kognitif, Kemampuan Pemahaman Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Konflik Kognitif terhadap tingkat pemahaman matematika siswa kelas VIII MTsN Manyak Payed. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Manyak Payed yang terdiri dari 4 kelas, dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman matematika siswa kelompok eksperimen dengan rata-rata 73,74 dan hasil belajar siswa kelompok kontrol dengan rata-rata 66,72. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh  2,42 dan  pada taraf signifikan sehingga dapat diperoleh   yaitu 2,42  2,00. Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi Konflik Kognitif terhadap tingkat pemahaman matematika siswa. Dari hasil post test diperoleh bahwa perolehan jawaban siswa ditinjau dari indikator pemahaman matematika pada kelas eksperimen yaitu 83% (22 orang) dan kelas kontrol 77% (20 orang) pada indikator pertama, sedangkan untuk indikator kedua pada kelas eksperimen yaitu 68% (18 orang) dan kelas kontrol 59% (15 orang), dan indikator ketiga pada kelas eksperimen yaitu 76% (21 orang) dan 61% (16 orang) pada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27