IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SUDUT PUSAT DAN SUDUT KELILING LINGKARAN DI MTsN LANGSA

  • Monawarah Monawarah
  • Nuraida Nuraida IAIN Langsa
  • M. Zaiyar M. Zaiyar IAIN Langsa
Keywords: Identifikasi, Pemecahan Masalah, Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sudut pusat dan sudut keliling lingkaran di MTsN Langsa. enis penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Langsa yang terdiri dari 5 (lima) kelas yang berjumlah 127 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII/B yang berjumlah 25 siswa. Adapun cara pengambilan sampel, yaitu dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian yang terdiri dari 5 butir soal yang telah divalidasi oleh ahli dan diujicobakan kepada siswa kelas IX. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ditinjau dari analisis masing-masing indikator pemecahan masalah matematika diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam memahami masalah dikategorikan tinggi dengan jumlah presentase sebesar 87,2%. Selanjutnya kemampuan siswa dalam merencanakan penyelesaian dikategorikan tinggi dengan jumlah presentase sebesar 82,2%. Kemudian kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana dikategorikan tinggi dengan jumlah presentase sebesar 84%. Selanjutnya pada kemampuanĀ  siswa dalam memeriksa proses dan hasil dikategorikan sedang dengan jumlah presentase sebesar 73,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya di kelas VIII-B pada materi sudut pusat dan keliling lingkaran berada dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-28