PERBANDINGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP BERFIKIR KREATIF SISWA BERDASARKAN GENDER DI MTsS SABILUM ‘ULUM GEULANGANG MERAK
Abstract
Pendekatan open-ended adalah pendekatan yang memberikan suatu masalah dengan banyak cara penyelesaian dan banyak jawaban. Dengan menggunakan pendekatan ini diharapkan kemampuan siswa dalam merepresentasikan masalah matematika mereka dapat meningkat. Adapaun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini Untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan pendekatan Open-ended terhadap berfikir kreatif siswa berdasarkan gender di MTsS Sabiul Ulum dan untuk mengetahui berapa besar perbandingan pendekatan Open-ended terhadap berfikir kreatif siswa berdasakan gender di MTsS Sabiul Ulum . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII , dan sampel dalam poenelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen II dengan masing-masing berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan a = 0,05.Hasil pengujian hipotesis Berdasarkan hasil penelitian diperoleh signifikan = 0,05 diperoleh thitung = 2,36 dan ttabel = 1,67, dan ini berarti thitung ≥ ttabel ; sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima; yaitu ada perbandingan pendekatan Open-ended terhadap berfikir kreatif siswa berdasarkan gender di MTsS Sabiul Ulum. Untuk melihat berapa besar perbandingan dapat dilihat dalam perhitungan pada rata-rata hasil postes kelas ekpesrimen I dan kelas eksperimen II yang masing masing sebesar 78,02 untuk kelas eksperimen I dan 69,80 untuk kelas eksperimen II sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen I lebih besar perbandingannya terhadap kelas eksperimen I .