PENGARUH SOFTWARE CABRI 3D PADA SISWA BERGAYA VISUAL DI SMP NEGERI 8 LANGSA
Abstract
Cabri 3D adalah software yang sangat berguna untuk belajar mengajar geometri tiga dimensi. Sifat dinamis dari diagram digital diproduksi dengan menyediakan bantuan yang berguna untuk membantu siswa dalam mengembangkan konsep geometri. Selain software pembelajaran, gaya belajar juga memiliki peranan penting dalam pembelajaran seperti gaya belajar visual. Gaya belajar visual menitikberatkan ketajaman penglihatan. Artinya, bukti-bukti konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar siswa paham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh software cabri 3D pada siswa bergaya visual terhadap hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP N 8 Langsa tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 90 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 orang yang diperoleh bedasarkan pemberian angket gaya belajar kepada seluruh siswa kelas IX. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh software cabri 3D pada siswa bergaya visual terhadap hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Langsa. Hipotesis didapat setelah melakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Apabila data tersebut telah diuji prasyaratan analisis data dan dianggap dapat dilanjutkan maka kemudian akan dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis diperoleh yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh software cabri 3D pada siswa bergaya visual terhadap hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Langsa.