Main Article Content

Abstract

Jenis penelitian ini adalah field research/ penelitian langsung, sedangkan metode yang digunakan adalah dengan cara wawancara dan observasi langsung yang sekaligus merupakan sumber data primer. Sumber data sekunder berupa Peraturan Perundangan-undangan Republik Indonesia yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Haji dan Umroh, serta sumber-sumber pendukung lainnya. Hasil penelitian sebagai berikut: A. Pelayanan yang diberikan oleh travel haji dan umroh Kota Medan, merupakan pelayanan prima/  pelayanan yang mengutamakan kualitas, kenyamanan. B. Strategi dan manajemen: 1). Strategi: a). Membuat cabang; b). Mengadakan kerja sama; c). Mendirikan kantor di tempat strategis; d). Menggandeng tokoh masyarakat; e). Melaksanakan penyuluhan; f). Memasang spanduk,di tempat ramai; g). Harga promo; h). Memaksimalkan pelayanan; i). Tempat tinggal yang baik; j). Menghindari transit; k). Memberikan pendamping yang berpengalaman, dan bersertifikat; l). Melengkapi seluruh keperluan jamaah. 2). Manajemen: a). Mengurus izin resmi; b). Mengatur model pelayanan kantor; c). Bekerjasama dengan berbagai media; d). Memotifasi staf dan pihak kantor; e). Mengatur izin dalam dan luar negeri; f). Evaluasi; g). Selalu berkomunikasi. C. Kendala: 1). Kurs mata uang yang fluktuatif; 2). Izin visa merupakan otoritas dari negara Arab Saudi; 3). Regulasi/ peraturan luar dan dalam negeri yang berubah-ubah; 4). Persaingan antara pemilik jasa travel haji dan umroh; 5). Terdapat travel haji dan umroh penipu. D. Upaya: 1). Kendala berkaitan dengan Kurs mata uang yang fluktuatif. Maka hal ini tidak bisa ditanggulangi secara pasti, hanya melakukan tindakan promo, 2). Kendala mengenai izin visa, tidak ada yang dapat dilakukan, hanya berharap hubungan antara bilateral antara Arab Saudi dan Indonesia tetap terjalin, 3). Regulasi/ peraturan luar dan dalam negeri yang berubah-ubah. Meminta up date data dari Kementerian Agama; 4). Persaingan antara pemilik jasa travel haji dan umroh. Memperbaiki manajemen; 5). Travel haji dan umroh penipu dan nakal. mempunyai dua dampak, dampak negatif: mempengaruhi kepercayaan publik/ pengguna jasa untuk bisa berangkat ke tanah suci. Dampak positif: Agar pengguna jasa, lebih memilih agen travel haji dan umroh yang terpercaya, nyaman, dan aman, bukan yang murah, tapi tidak mempunyai izin.


 


ABSTRACT


The title of this research thesis is: "TRAVEL AND UMROH TRAVEL MANAGEMENT AND MANAGEMENT (Study of Medan City Hajj and Umrah Travel Competition Analysis)". This type of research is field research / direct research, while the method used is by way of interviews and direct observation which is also a primary data source, while the secondary data sources in the form of the Republic of Indonesia Legislation Regulations relating to the Implementation of Hajj and Umrah, as well as sources other supporting sources.


The results of the study are as follows:


  1. The services provided by Hajj and Umrah travel, are excellent services / services that prioritize quality, comfort.

  2. Strategy and management: 1). Strategy: a). Make a branch; b). Hold cooperation; c). Establish an office in a strategic place; d). Cooperating with community leaders; e). Carry out counseling; f). Place banners, in crowded places; g). Promo price; h). Maximizing service; i). Good residence; j). Avoid transit; k). Provide experienced, certified counselors; l). Completing all pilgrims' needs. 2). Management: a). Take care of official permission; b). Regulate office service models; c). Cooperate with various media; d). Motivating staff and offices; e). Manage domestic and foreign permits; f). Evaluation; g). Always communicating.

  3. Constraints: 1). Fluctuating currency rates; 2). Visa permission is the authority of the country of Saudi Arabia; 3). Changing foreign / domestic regulations / regulations; 4). Competition between Hajj and Umrah travel service owners; 5). There are Hajj travels and con artists.

  4. Efforts: 1). Constraints related to fluctuating currency rates. So this cannot be overcome with certainty, only doing promo actions, 2). Obstacles regarding visa permits, nothing can be done, only hoping that bilateral relations between Saudi Arabia and Indonesia will remain intertwined, 3). Foreign and domestic regulations / regulations are changing. Request up date data from the Ministry of Religion; 4). Competition between Hajj and Umrah travel service owners. Improve management; 5). Hajj pilgrimage and cheating and mischievous umrah. has two impacts, negative impacts: affecting public trust / service users to be able to go to the holy land. Positive impact: In order for service users, prefer a trusted, comfortable and safe hajj and umrah travel agent, not cheap, but do not have permission.

Keywords

Travel, haji dan umroh strategi manajemen persaingan pelayanan

Article Details

How to Cite
fasya, fasya. (2019). STRATEGI DAN MANAJEMEN TRAVEL HAJI DAN UMROH STUDI ANALISIS PERSAINGAN TRAVEL HAJI DAN UMROH KOTA MEDAN DALAM PELAYANAN DAN KUALITAS UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN. Al - Muamalat, 4(I), 1-24. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/muamalat/article/view/775

References

  1. Alquran al-Karim
  2. Abadi, Majd ad-Din Muhammad ibn Ya`qub al-Fairuz. Al-Qamus al-Muhith. Bairut: Mua’sasah ar-Risalah. 1986.
  3. Abdurrahman, Nana Herdiana. Manajemen Bisnis Syariah & Kewirausahaan. Bandung: Pustaka Setia. 2013. Cet. 1.
  4. Arfa, Faisar Ananda. Metodologi Penelitian Hukum Islam. Medan: CV. Perdana Mulya Sarana. 2010.
  5. Al-Bantani, an-Nawawi. Nihayah az-Zain fi Irsyad al-Mubtadi’in. Bairut: Dar al-Kutub al-Islamiyah. 2008.
  6. Basuki, Heru. Penelitian Kualitatif; Untuk Ilmu-ilmu Kemanusiaan dan Budaya. Jakarta: Universitas Gunadarma. 2006.
  7. Beekum, Rafik Issa. Etika Bisnis Islami. Terj. Muhammad. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2004.
  8. Al-Bukhary. Al-Jami` ash-Shahih al-Musnad min Hadits Rasulullah Shallallah `Alaihi wa Sallam wa Sunanih wa Ayyamih. Juz VI. Bairut: Dar al-Kutub. 2008.
  9. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Toha Putra. 2010.
  10. Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2008. Cet. 1.
  11. Goldfeld, Stephen M. dan Lester V Chanler. Ekonomi Uang dan Bank. Terj. Danny Hutabarat. Jakarta: PT. Erlangga. 1996.
  12. Hanbal, Ahmad ibn. Juz 51. Bairut: Dar al-Ma`rifah. T.th.
  13. Haneef, Muhammad Aslam. Islamisasi Ilmu Ekonomi, Apa yang Salah?, Islamia: Thn II, No. 6/ Juli-September 2005.
  14. Harahap, M. Yahya.Segi-segi Hukum Perjanjian. Bandung: Alumni. 1986.
  15. Hashim, Rosnani. Gagasan Islamisasi Kontemporer; Sejarah, Perkembangan dan Arah Tujuan. Dalam Islamia. INSIST. Jakarta. Thn II. No. 6/ Juli-September 2005.
  16. Al-Jaziri, `Abdurrahman. Kitab al-Fiqh `ala al-Mazhab al-Arba`ah. Juz I. Turkiy: Dar ad-Da`wah. 1986.
  17. Julita dan Jufrizen. Budgeting;Pedoman Pengkoordinasian dan Pengawasan Kerja. Medan: CV. Perdana Mulya Sarana. 2012. Cet. 5.
  18. Karim, Adiwarman Abdul. Islamic Banking; Fiqh and Financial Analysis. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 2005.
  19. Kuncoro, Mudrajad. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga. 2005.
  20. Majah, Ibn. Sunan ibn Majah. Juz VII. Riyadh: Maktabah al-Ma`arif. T.th.
  21. Manan, Abdul. Hukum Ekonomi Syariah dalam Perspektif Kewenangan Peradilan Agama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2012.
  22. Mangkuprawira, Sjafri. Strategi Efektif Mengelola Karyawan. Bogor: PIB Press. 2011.
  23. Mankiw, N. Gregory. Makro Ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga. 2007.
  24. Mannan, M. Abdul. Teori dan Praktek Ekonomi Islam. Yogyakarta: PT Dana Bhakti Wakaf. 1997.
  25. Maribun, B. N. Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 2003.
  26. Al-Maraghi. Tafsir al-Maraghi. Juz II .Mesir: Syirkah Maktabah wa Mathba`ah Musthafa al-Bab al-Halb wa Awaladih. 1946. Cet. 1.
  27. Miru, Ahmad dan Sutarman Yodo. Hukum Perlindungan Konsumen . Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2004.
  28. Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. 1989.
  29. Muhammad dan Faurori R. Lukman. Visi Al-Qur’an Tentang Etika dan Bisnis. Jakarta: Diniyah. 2002.
  30. Mulyana, Deddy. Metode Penelitian Kualitatif; Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosadakarya. 2004.
  31. Muslim. Shahih Muslim. Juz VII. Riyadh: Dar Tibah. 2006.
  32. Nasution, AZ. Konsumen dan Konsumen: Tinjauan Sosial, Ekonomi dan Hukum Pada Perlindungan Konsumen Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinarcetak. 1995. Cet. 1.
  33. Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. 1987.
  34. Nugroho, Susanti Adi. Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen; Ditinjau dari Hukum Acara Serta Kendala Implementasinya. Jakarta: Kencana. 2008. Cet. 1.
  35. Nuruddin, Amiur. Dari mana Sumber Hartamu? Renungan Tentang Bisnis Islami dan Ekonomi Syariah. Jakarta: Penerbit Erlangga. 2010.
  36. Putong, Iskandar. Ekonomi Mikro. Jakarta: Mitra Wacana Media. 2005. Ed. 1.
  37. Al-Qordhawy, Yusuf. Daur al-Qiyam wa al-Akhlaq fi al-Iqtishad al-Islamy. Terj. Zainal Arifin. Dkk. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani. 1997.
  38. _______. Malamih al-Mujtama` al-Muslim al lazi Nansyuduh. Kairo: Maktabah Wahbah. 1993. Cet. 1.
  39. Rakhmat, Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Rosadakarya. 1984.
  40. Said, Muhammad. Pengantar Ekonomi Islam; Dasar-Dasar dan Pengembangan. Pekanbaru: Suska Press. 2008.
  41. As-Samaluthi, Nabil. Bina’ al-Mujtama` al-Islami wa Nuzhumih. Jeddah: Dar Syuruq. 1981. Cet. 1.
  42. Sidharta. Hukum Perlindungan Konsumen Indonesi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarna Indonesia. 2000.
  43. Subagyo, Joko. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 1991.
  44. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuaitatif Dan R&D. Jakarta: CV. Alfabeta. 2010. Cet. 10.
  45. Sunanto, Musyrifah. Sejarah Islam Klasik; Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam. Bogor: Kencana. 2003.
  46. Suryana. Kewirausahaan; Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses . Jakarta: Penerbit Salemba Empat. 2006.
  47. Susanto, Happy. Hak-Hak Konsumen jika Dirugikan. Jakarta: Visimedia, 2008. Cet. 1.
  48. Swasta, Basu dan Ibnu Sukotjo. Pengantar Bisnis Modern; Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Yogyakarta: Liberty. 1988.
  49. Tarigan, Azhari Akmal. Dari Etika ke Spritualitas Bisnis; Telaah Isu-isu Aktual dan Masa Depan Pendidikan Tinggi Ekonomi Islam. Medan: Perdana Mulya Sarana. 2015. Cet. 2.
  50. _______. Pengantar Teologi Ekonomi. Medan: FEBI UIN-Press. 2014. Cet. 1.
  51. Ath-Thabary. Tafsir ath-Thabary; Jami` al-Bayan `an Ta’wil Ay Alquran. Juz III. Kairo: Markaz al-Buhuts wa ad-Dirasah al-`Arabiyah wa Islamiyah. 2001. Cet. 1.
  52. Tika, Moh. Pabundu. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.
  53. Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Jakarta: Penerbit ANDI. 2008. Ed. III.
  54. Umam, Khairul. Manajemen Organisasi. Bandung: Pustaka Setia. 2012. Cet. 1.
  55. Yafiz, Muhammad. Argumentasi Integrasi Islam & Ekonomi; Melacak Rasionalitas Islamisasi Ilmu Ekonomi. Medan: UIN-SU Press. 2015. Cet. 1.
  56. Az-Zuhaily, Wahbah. Al-Fiqh al-Islamy wa Adillatuh. Juz III. Damsyiq: Dar al-Fikr. 1985. Cet. 2.
  57. Undang-undang dan Peraturan Pemerintah:
  58. Undang-undang No. 13 Tahun 2008, tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.
  59. Undang-undang No. 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.
  60. Undang-undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
  61. Peraturan Presiden No. 49 Tahun 2014 Tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1435H/2014M.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>