Main Article Content
Abstract
Masalah yang sering terjadi sekarang dalam matematika adalah bagaimana mengajar matematika menjadi lebih baik?, Mengajar hanya dengan berbicara bisa disebut dengan pendekatan tradisional dan tidak cukup lagi, karena pendekatan ini mengabaikan kemampuan kognitif dan perbaikan diri setiap siswa. Dalam konteks ini menunjukkan bahwa siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran yang menghubungkan gagasan atau ide-ide matematis siswa, Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan dalam menyajikan ide-ide matematika dalam bentuk gambar, model matematika, serta teks tertulis dari suatu konsep atau permasalahan yang diberikan. Salah satu alternatif yang mampu mendukung upaya peningkatan kemampuan representasi matematis siswa, yaitu penerapan pendekatan metaphorical thinking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan pendekatan metaphorical thinking dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini kuasi eksperimen jenis one-Group-Pretest-Postest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 yang terdiri 23 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan uji-t dengan bantuan SPSS 22 setelah data dikonversikan ke skala interval dengan bantuan MSI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan metaphorical thinking dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada kelas VIII MTsN 1 Aceh Besar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hipotesis, dengan taraf signifikan α = 0,05. Kriteria pengujian diperoleh 0,00<0,05. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusannya, H_0 ditolak dan terima H1. Tingkat kemampuan representasi matematis siswa sebelum diberi perlakuan rata-rata persentasenya adalah 50% tergolong kategori rendah, akan tetapi setelah diberi perlakuan pada pembelajaran dengan menerapkan pendekatan metaphorical thinking kemampuan representasi matematis siswa mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan skor rata-rata persentase 81% tergolong pada kategori sangat tinggi
Keywords: Representasi Matematis, Pendekatan Metaphorical Thinking
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Muharrem Aktümen, Geogebra As An Artist’s Paintbrush, Volume 4, No. 1, 2016 . Diakses pada tanggal 01 Desember 2016 dari situs https://eric.ed.gov
- Sulis Widarti, Tina Yunarti dan Rini Asnawati, "Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa”,Jurnal Ilmiah, Vol. 2, No 4, 2014. Diakses pada tanggal 15 Desember 2016 dari situs http://jurnal.fkip.unila.ac.id/
- Mokhammad Ridwan Yudhanegara, Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka, Jurnal, Universitas Singa perbangsa Karawang, vol. 1, No. 4, Desember 2015.
- Herman Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Malang: UM Press.
- Heris Hendriana. (2009). “Pembelajaran dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik, Komunikasi Matematik, dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama”, Disertasi, (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia)
- National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principle and Standards for School.
- Leo Adhar Effendi, “Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”Jurnal Ilmiah, Vol. 13, No. 2, oktober 2012. Diakses pada tanggal 16 mei 2016 dari situs http://jurnal.upi.edu
- Melida, Konferensi Nasional penelitian Matemtika dan pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, ISSN :2502-6526 (Surakarta :2016)
- Nana Syaodih Sukmadinat. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: RemajaRosdakarya.
- Suharsimi Arikunto. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.