Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan representasi matematis dan Self Confindece siswa SMP melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VII. Pengambilan siswa berdasarkan hasil tes dan konsultasi dengan guru. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan wawancara semi terstruktur. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan representasi matematis selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL berupa hasil tes individu setiap pertemuan, sedangkan instrumen yang digunakan untuk memperoleh data Self Confidece siswa berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model PBL dapat membantu menumbuhkan perkembangan kemampuan representasi matematis siswa terlihat dari hasil tes individu setiap pertemuan dan hasil wawancara semi terstruktur siswa. Meskipun siswa belum dapat memenuhi semua indikator yang diukur, namun terlihat sebahagian besar siswa telah dapat memenuhi sebahagian besar  indikator representasi matematis yaitu (1) menyajikan data atau informasi dari suatu masalah ke representasi gambar, diagram, grafik atau tabel, (2) menyelesaikan masalah yang melibatkan ekspresi matematis. Hanya satu indikator kemampuan representasi matematis yang tidak terpenuhi yaitu  menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika. Kemampuan Self Confindece siswa mengalami perkembangan secara klasikal dan memiliki dampak positif terhadap kemampuan representasi matematis siswa terhadap proses pembelajaran PBL sesuai dengan indikator Self Confindece. Penelitian ini memberikan gambaran tentang pentingnya melatih siswa menjawab soal non-routin melalui pembelajaran. Tantangan bagi guru untuk membiasakan siswa merepresentasi dan  melakukan langkah-langkah penyelesaian masalah secara sistematis serta memiliki kepercayaan diri dalam menjawab soal. Pembelajaran yang dilaksanakan guru berpengaruh terhadap terbentuknya kebiasaan siswa.


Katakunci : kemampuan representasi matematis, self confindece,model PBL


This research is to know the development of mathematical representation abilities and self-confidence of junior high school students through the application of the Problem Based Learning (PBL) model.This type of research is qualitative research. The subjects used in this research isthe  students of Junior High School at class VII. The students are taking by consultation with the teacher. Data collection was performed using semi-structured tests and interviews.The instrument used to obtain mathematical representation ability data during the learning process by using the PBL learning model in the form of individual test results at each meeting, while the instrument used to obtain students' Self Confidence data in the form of a questionnaire.The results was  showed that learn with the PBL model can help students to grow the development of students 'mathematical representation abilities seen from the results of individual tests at each meeting and the results of students' semi-structured interviews. Although students have not been able to meet all the measured indicators, it appears that most students have been able to meet most of the mathematical representation indicators, namely (1) presenting data or information from a problem to the representation of images, diagrams, graphs or tables, (2) solving problems that involves mathematical expressions. Only one indicator of mathematical representation ability that is not fulfilled is to write steps to solve mathematical problems. The ability of Self Confindece students have developed classically and has a positive impact on the ability of students' mathematical representation of the PBL learning process in accordance with the Self Confindece indicator. This study provides an overview of the importance of training students to answer non-routin problems through learning. The challenge for the teacher is to get the students to represent and take steps to solve problems systematically and have confidence in answering questions. Learning conducted by the teacher influences the formation of student habits.


Keywords : The Ability of Representation, Self-Confidence, Model Problem Based Learning

Article Details

How to Cite
Herdiana, Y., Marwan, M., & Morina Zubainur, C. (2019). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 23-35. https://doi.org/10.32505/v3i2.1203

References

  1. Alhadad, S. F. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem SiswaSMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Bandung: Disertasi UPI.
  2. Amir, T (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
  3. Chamberlin, S. A., & Moon, S. M. (2008). How Does the Problem Based Learning Approach Compare to The Model-Eliciting Acvtivity in Mathematics. Tersedia di http://cimt. plymouth. ac. uk [diakses 16-01-2015].
  4. English, Lyn D. (2014). Handbook of International Research In Mathematics Education. New York: Routledge.
  5. Hendriana.H,dkk.(2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
  6. Hannula,M. S., Maijala, H., & Pehkonen, E. (2004). Development Of understanding and self-confidence in mathematics; Grades 5–8. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 3, 17-24.
  7. Huri Suhendri. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis, Rasa Percaya Diri, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 10 November 2012.
  8. Ibrahim, M & Nur, M. (2000). Pembelajaran Berbasis Masalah.Surabaya: UNESA University Press.
  9. Merritt, J., Lee, M. Y., Rillero, P., & Kinach, B. M. (2017). Problem-Based Learning in K–8 Mathematics and Science Education: A Literature Review. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 3.
  10. Mahardiyanti, T. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untukMeningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas V SDN Bader 01 tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2),142-149.
  11. Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.
  12. Malan, S. B and Ndlovu, M. (2014). Introducing Problem-Based Learning (Pbl) Into a Foundation Programme to Develop Self-Directed Learning Skills. South African Journal of Education, Vol.34(1), Hal. 1-16.
  13. Mahmudi, 2010, Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.
  14. Merritt, J., Lee, M. Y., Rillero, P., & Kinach, B. M. (2017). Problem-Based Learning in K–8 Mathematics and Science Education: A Literature Review. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 3.
  15. Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 international results in mathematics. International Association for the Evaluation of Educational Achievement. Herengracht 487, Amsterdam, 1017 BT, The Netherlands.
  16. Mudzakir, H. S. (2006). Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Disertasi UPI.
  17. Panaoura, A. (2012). Young Students'self-Beliefs About Using Representations In Relation To The Geometry Understanding. International Journal for Mathematics Teaching & Learning.
  18. Pujiastuti, H. (2008). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan representasi siswa SMP. Tesis SPS UPI Bandung.
  19. Rahmawati. (2016). Seminar hasil TIMSS 2015. Puspendik Kemendikbut.1-10
  20. Rohayati, I. (2011). Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal UPI, Edisi Khusus, (1).
  21. Sugiyono. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  22. Tsani, A. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Representasi Matematis Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 99-104.
  23. Widarti, S., Yunarti, T., & Asnawati, R. (2014). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2(4).