Main Article Content

Abstract

Matematika Ekonomi merupakan salah satu matakuliah wajib dari prodi pendidikan Matematikan Universitas Almuslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap kemandirian belajar melalui blended learning pada mata kuliah matematika ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena data diperoleh dari para narasumber khususnya para siswa dengan metode yang lebih alamiah, yaitu mengobservasi langsung dan pembagian angket sehingga dapat mengambil suatu kesimpulan terhadap yang diteliti. Angket yang digunakan merujuk pada skala liked dengan pilihan untuk responden adalah sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Jumlah pertanyaan ada 15 pertanyaan dengan kesemuanya adalah pertanyaan positif. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa, tanggapan responden terhadap kemandirian belajar mahasiswa melalui pembelajaran blanded learning pada mata kuliah matematika ekonomi sebesar 77% dari hasil tersebut maka tanggapan responden berada pada kriteria baik karena 77% ada pada rentan 68.01-84.00.


Kata kunci : kemandirian belajar, blended learning, matematika ekonomi

Article Details

How to Cite
Wahyuni, R., & Nurhayati, N. (2019). KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 76-81. https://doi.org/10.32505/v3i2.1203

References

  1. Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Saihaan, S. (2013). E-Learning (Pembelajarn Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 042. Tahun ke 9. Mei 2013.
  3. Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning untuk Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XI(2): 32-43.
  4. Sumarmo, Utari.(2010).Kemandirian belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Tersedia http://math.sps.upi.edu/?p=61. (Diakses 1 November 2019).
  5. Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  6. Wahyuni, Rahmi. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS).Tesis. UNIMED
  7. Zumbrunn, et al. (2011). Encouraging Self-Regulated Learning in the Zlassroom: A Review of the Literature. Metropolitan Educational Research Consortium (MERC), Virginia Commonwealth University.