Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkuliahan daring  terhadap kemandirian  belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Malikussaleh. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalen control grup design. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan intrumen non tes berupa kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan uji hipotesis, karena skor homogen data diolah dengan bantuan SPSS versi 17. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemandirian  belajar mahasiswa diperoleh signifikan 0.029 < 0.05 berari H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh perluliahan daring  terhadap kemandirian  belajar mahasiswa prodi pendidikan mateamtika Universitas Malikussaleh.

Keywords

: Perkuliahan Daring, Kemandirian Belajar

Article Details

How to Cite
Muhammad, I. (2020). PENGARUH PERKULIAHAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 24-30. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1567

References

  1. Arikunto, S. (2013).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Arikunto, S. (2015).Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Arifin, Z. (2017).Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. Eko, Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi, Journal Indonesian Language Education and Literature Vol. 3, No. 1, http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/
  5. https://sevima.com/mengenal-kuliah-online-kelebihan-dan-kekurangannya/
  6. https://blog.danacita.co.id/persiapan-kuliah/kelebihan-dan-kekurangan-kuliah-online-yang-perlu-diketahui/
  7. Rahmawati, B. S. (2017). Pengaruh PendekatanKontekstualDalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas VIII Mts Fathurrahman Jeringo Tahun Pelajaran 2016/2017. “Skripsi”, Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram.
  8. Sundayana.R.(2016).Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika volume 5, No. 2, hal 75-84.
  9. Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  10. Sugiono.(2017). Metode Penelitian (Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.) Bandung: Alfabeta.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'