Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkuliahan daring terhadap kemandirian belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Malikussaleh. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalen control grup design. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan intrumen non tes berupa kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan uji hipotesis, karena skor homogen data diolah dengan bantuan SPSS versi 17. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemandirian belajar mahasiswa diperoleh signifikan 0.029 < 0.05 berari H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh perluliahan daring terhadap kemandirian belajar mahasiswa prodi pendidikan mateamtika Universitas Malikussaleh.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Arikunto, S. (2013).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Arikunto, S. (2015).Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Arifin, Z. (2017).Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Eko, Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi, Journal Indonesian Language Education and Literature Vol. 3, No. 1, http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/
- https://sevima.com/mengenal-kuliah-online-kelebihan-dan-kekurangannya/
- https://blog.danacita.co.id/persiapan-kuliah/kelebihan-dan-kekurangan-kuliah-online-yang-perlu-diketahui/
- Rahmawati, B. S. (2017). Pengaruh PendekatanKontekstualDalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas VIII Mts Fathurrahman Jeringo Tahun Pelajaran 2016/2017. “Skripsi”, Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram.
- Sundayana.R.(2016).Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika volume 5, No. 2, hal 75-84.
- Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiono.(2017). Metode Penelitian (Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.) Bandung: Alfabeta.