Main Article Content
Abstract
Siswa harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi agar dapat bersaing dengan pesaing lain di dunia
digital yang semakin kompetitif dan menjawab semua permasalahan kehidupan modern. Penelitian ini bertujuan
untuk memecahkan kesulitan – kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTs).
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu sebanyak 14
siswa kelas VII A di MTSN 6 Kerinci. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes uraian
bertipe HOTS dengan materi bentuk aljabar. Analisis data pada penelitian ini dengan menyelesaikan soal tes,
dan dokumentasi ketika subjek mengerjakan soal tes. Hasil tes diperoleh kesulitan siswa yang tinggi kategori
kesulitannya terdapat pada indikator memecahkan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, Pembagian, dan peningkatan) pecahan aljabar yaitu 78% siswa. Siswa memperoleh
prestasi dalam kriteria sedang untuk tingkat kesulitan pada soal nomor 2 yaitu pada indikator mengenai
menganalisis hasil operasi pecahan aljabar, siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yaitu
7%. Kemudian pada indikator yang menghubungkan pengetahuan aljabar dengan masalah nyata dalam kehidupan,
siswa memperoleh prestasi pada kriteria tingkat kesulitan rendah. 43% memperoleh nilai 4. Siswa kesulitan
menjawab pada soal no 1, hal ini disebabkan karena siswa kesulitan memahami maksud dari soal dan sulit
menentukan bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut.
Kata kunci: Aljabar, Higher Order Thinking Skills (HOTS), mengisi siswa, Matematika
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka cipta.
- Djidu, H. (2010). Aktivitas Pembelajaran Matematika yang Dapat Melatih Kemampuan Berpikir
- Tingkat Tinggi Siswa. 312–321.
- Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54.
- https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
- Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan
- soal operasi aljabar. 4(2), 355–364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.355-364
- Kurniawan, I. (2019). ANALYSIS OF THE DIFFICULTY OF STUDENTS IN ALGEBRA. 4(1),
- 69–78.
- Manik, P., Saraswati, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
- Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. 4(2), 257–269.
- Nurlela Nugraha, Gida Kadarisma, W. S. (2015). Analisis kesulitan belajar matematika materi
- bentuk aljabar pada siswa smp kelas vii. 01(02), 323–334.
- Nurmadinah. (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING
- SKILL (HOTS) POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR SERTA
- PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII MTs
- GUPPI SAMATA.
- Permatasari et al. (2015). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL
- MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGIL Bunga Ayu Desy
- Permatasari 31 , Toto’ Bara Setiawan 32 , Arika Indah Kristiana 33. 6.
- Setyawati, A., & Ratu, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi
- Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. 05(03), 2941–2953.
- Siagian, M. D. (2016). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN
- MATEMATIKA. 58–67.
- Sugiarti, L. (n.d.). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. 323–330.
- Sumarni. (2018). Matematika dalam ilmu manajemen. 11–24.
- Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH
- PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order
- Thinking Skill ( Hots ) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. 6(1), 37–46.