Main Article Content

Abstract

Siswa harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi agar dapat bersaing dengan pesaing lain di dunia
digital yang semakin kompetitif dan menjawab semua permasalahan kehidupan modern. Penelitian ini bertujuan
untuk memecahkan kesulitan – kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTs).
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu sebanyak 14
siswa kelas VII A di MTSN 6 Kerinci. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes uraian
bertipe HOTS dengan materi bentuk aljabar. Analisis data pada penelitian ini dengan menyelesaikan soal tes,
dan dokumentasi ketika subjek mengerjakan soal tes. Hasil tes diperoleh kesulitan siswa yang tinggi kategori
kesulitannya terdapat pada indikator memecahkan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, Pembagian, dan peningkatan) pecahan aljabar yaitu 78% siswa. Siswa memperoleh
prestasi dalam kriteria sedang untuk tingkat kesulitan pada soal nomor 2 yaitu pada indikator mengenai
menganalisis hasil operasi pecahan aljabar, siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yaitu
7%. Kemudian pada indikator yang menghubungkan pengetahuan aljabar dengan masalah nyata dalam kehidupan,
siswa memperoleh prestasi pada kriteria tingkat kesulitan rendah. 43% memperoleh nilai 4. Siswa kesulitan
menjawab pada soal no 1, hal ini disebabkan karena siswa kesulitan memahami maksud dari soal dan sulit
menentukan bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut.
Kata kunci: Aljabar, Higher Order Thinking Skills (HOTS), mengisi siswa, Matematika

Article Details

How to Cite
Dewi, M. P., Aan Putra, & Reri Seprina Anggraini. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTs) pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 171-179. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i2.7308

References

  1. Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka cipta.
  2. Djidu, H. (2010). Aktivitas Pembelajaran Matematika yang Dapat Melatih Kemampuan Berpikir
  3. Tingkat Tinggi Siswa. 312–321.
  4. Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54.
  5. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
  6. Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan
  7. soal operasi aljabar. 4(2), 355–364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.355-364
  8. Kurniawan, I. (2019). ANALYSIS OF THE DIFFICULTY OF STUDENTS IN ALGEBRA. 4(1),
  9. 69–78.
  10. Manik, P., Saraswati, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
  11. Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. 4(2), 257–269.
  12. Nurlela Nugraha, Gida Kadarisma, W. S. (2015). Analisis kesulitan belajar matematika materi
  13. bentuk aljabar pada siswa smp kelas vii. 01(02), 323–334.
  14. Nurmadinah. (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING
  15. SKILL (HOTS) POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR SERTA
  16. PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII MTs
  17. GUPPI SAMATA.
  18. Permatasari et al. (2015). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL
  19. MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGIL Bunga Ayu Desy
  20. Permatasari 31 , Toto’ Bara Setiawan 32 , Arika Indah Kristiana 33. 6.
  21. Setyawati, A., & Ratu, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi
  22. Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. 05(03), 2941–2953.
  23. Siagian, M. D. (2016). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN
  24. MATEMATIKA. 58–67.
  25. Sugiarti, L. (n.d.). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. 323–330.
  26. Sumarni. (2018). Matematika dalam ilmu manajemen. 11–24.
  27. Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH
  28. PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order
  29. Thinking Skill ( Hots ) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. 6(1), 37–46.