Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran  Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap hasil belajar siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Langsa pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Langsa. Dari hasil pengembilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling cara acak kelas, diperoleh kelas VII-7 dengan jumlah 26 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII-6 dengan jumlah 26 orang siswa sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi dengan taraf ( = 0,05 dan dk = ( n1 +n2 – 2 ). Dari hasil pengujian diperoleh bahwa thitung = 3,168 dan nilai ttabel = 2,732. Karena thitung > ttabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ho ditolak dan ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Laps-Heuristik sangat efektif dalam masalah–masalah yang terdapat di materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 2 Langsa.

Keywords

Model Pembelajaran LAPS-Heuristik Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Suryani, S., & Iqbal, I. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS-HEURISTIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LANGSA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 2(2), 50-56. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v2i2.798