Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran aktif Giving Question and Getting Answer efektif meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 4 Langsa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan desain control group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Langsa yang berjumlah 183 orang. Sampel yang digunakan ada 2 kelas yaitu kelas eksperimen  (VII1) yang berjumlah 22 orang dan kelas kontrol (VII3) yang berjumlah 23 orang. Instrument yang digunakan berupa soal tes berbentuk uraian sebanyak 3 soal. Teknik prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, yang selanjutnya dengan uji analisis hipotesis data yaitu uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan  = 0,05 dan derajat kebebasan dk = 43 diperoleh diperoleh thitung > ttabel  yaitu 3,842 > 2,003, sehingga menerima Ha dan menolak Ho sehingga terdapat perbedaan efektivitas strategi pembelajaran aktif Giving Question And Getting Answer dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap koneksi matematis pada materi garis dan sudut di kelas VII SMP Negeri 4 Langsa.

Keywords

Strategi Giving Question and Getting Answer Koneksi Matematis

Article Details

How to Cite
Suryati, D. (2019). EFEKTIFITAS STRATEGI AKTIF GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 LANGSA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 2(2), 91-98. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v2i2.803