Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah pada mata kuliah matematika finansial berdasarkan model Polya dan tahapan kesalahan Kastolan. Penelitian dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Gajah Putih Takengon dengan subjek penelitian mahasiswa program studi Perbankan Syariah yang berjumlah 9 orang. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes yang terdiri dari 3 soal dan wawancara tidak terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian, jenis kesalahan dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu kesalahan konsep, kesalahan hitung dan kesalahan strategi. Kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan hitung yaitu sebanyak 11 kasus atau 45,83% dari semua kesalahan. Kesalahan konsep yang dilakukan oleh mahasiswa sebanyak 10 kasus atau 41,67% dan kesalahan strategi sebanyak 3 kasus atau 12,50% dari semua kesalahan. Tahapan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Polya yang paling banyak ditemukan kesulitannya adalah tahapan memahami masalah, pada tahapan ini mahasiswa tidak mampu menemukan fakta dan informasi yang terdapat dalam soal. Tahapan merancang suatu rencana, mahasiswa tidak dapat mengaitkan fakta-fakta yang di dapat dengan fakta lain secara tepat. Tahapan menyelesaikan rencana, belum mampu menghubungkan konsep-konsep matematika yang telah dipelajari sebelumnya untuk menyelesaikan masalah. Tahapan memeriksa kembali, mahasiswa terkesan terburu-buru dan kurang teliti sehingga tidak memeriksa kembali langkah-langkah pengerjaan yang dilakukan.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Arigiyanti, T. (2017). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pengantar Probabilitas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 1311-1374.
- Bhat, A. M. (2014). Effect of Problem Solving Ability on the Achievement in Mathematics of High School Students (pp. 685-688). India: Aligarh Muslim University, Department of Education.
- Foshey, Rob. (2003). Principles for Teaching Problem Solving. Indiana University: Plato Learning.
- Gooding, S. (2009). Children’s Difficulties with Mathematical Word Problems. Proceedings of British Society for Research into Learning Mathematics.
- Kastolan, e. a. (1992). Identifikasi Jenis-jenis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika yang Dilakukan Peserta Didik Kelas 2 Program A1 SMA Negeri Se-Kotamadya Malang. Malang: IKIP Malang.
- Memnun, D. S., L. C. Hart., & Akkaya, R. (2012). A Research on the Mathematical Problem Solving Beliefe of Mathematics, Science and Elementary Pre-Service Teacher in Turkey in terms of Different Variables. International Journal of Humanities and Social Science, 2(24), 172-184.
- Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- NCTM. 1980. Problem Solving In School Matehematics. Yearbook: NCTM Inc.
- Polya, G. (1973). How to Solve It. New Jersey: Princeton University Press.
- Radatz, H. (1980). Students’ Errors in the Mathematical Learning Process: a Survey. Journal For the Learning of Mathematics. Qanada: FLM Publishing Co Ltd Montreal Quebec, 10(4), 16-20.
- Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.