Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tema penelitian, pendekatan dan metode yang cendrung dilakukan oleh mahasiswa pendidikan matematika di PTIN Aceh. Penelitian dilakukan pada prodi pendidikan matematika di UIN Ar-Raniry dan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema penelitian yang paling diminati adalah pembelajaran matematika sebanyak 89 %; kemampuan berfikir, nalar, kognitif sebanyak 9% dan perancangan tugas, perangkat pembelajaran, penilaian sebanyak 2%. Dilihat dari segi pendekatan penelitian, mahasiswa yang menggunakan pendekatan kuantitatif sebanyak 85 %, pendekatan kualitatif sebanyak 10% dan pendekatan kombinasi kuantitatif-kualitatif sebanyak 5%. Dilihat dari segi metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen sebanyak 45 %, metode deskriptif sebanyak 36%, PTK sebanyak 15 %, dan metode pengembangan R&D sebanyak 4 %. Hal lain yang diperoleh adalah terjadi pengulangan tema dan metode penelitian, namun yang lebih dominan adalah pada pengutipan dan pola analisis.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
- Darmadi, Hamid. (2011), Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Alfabeta.
- Iriawan, Ida. (2013), Analisis Kecenderungan Penelitian Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pacitan. Yogyakarta, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY ISBN : 978-979-16353-9-4.
- Hasanah, Mila. (2014), Analisis Kecenderungan Penelitian Skripsi Mahasiswa PGMI Sebagai Revitalisasi Bidang Keahlian Guru MI. AL-ADZKA, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume IV, Nomor 01.
- Setyosari, Punaji. (2010), Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sugiono. (2009), Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
- Siswono, Tatag Y. E. Penelitian Pendidikan Matematika., Surabaya: UNESA University Press,di akses http://www.mathematics.web.id/2016/05/penelitian-pendidikan-matematika-by-tatag-yes.html, tanggal 18 Maret 2017 pukul 17:00
- Siswono, Tatag Y. E. Makalah Kecenderungan Penelitian Pendidikan Matematika Terkini, diakses
- dari https://www.academia.edu/ pada tanggal 20 Maret 2017 pukul 10:00. Hlm 1