Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui  tema penelitian, pendekatan dan metode  yang cendrung dilakukan oleh mahasiswa pendidikan matematika di PTIN Aceh. Penelitian dilakukan pada prodi pendidikan matematika di UIN Ar-Raniry dan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa tema penelitian yang paling diminati adalah pembelajaran matematika sebanyak 89 %; kemampuan berfikir, nalar, kognitif sebanyak 9% dan perancangan tugas, perangkat pembelajaran, penilaian sebanyak 2%. Dilihat dari segi pendekatan penelitian, mahasiswa yang menggunakan pendekatan kuantitatif sebanyak 85 %, pendekatan kualitatif sebanyak 10% dan pendekatan kombinasi kuantitatif-kualitatif sebanyak 5%. Dilihat dari segi metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen sebanyak 45 %, metode deskriptif sebanyak 36%, PTK sebanyak 15 %, dan metode pengembangan R&D sebanyak 4 %. Hal lain yang diperoleh adalah terjadi pengulangan tema dan metode penelitian, namun yang lebih dominan adalah pada pengutipan dan pola analisis.

Keywords

Dinamika Penelitian, Trend Isu Penelitian, Tema Penelitian

Article Details

How to Cite
Salasiyah, C. I. (2019). DINAMIKA PENELITIAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DI PERGURUAN TINGGI ISLAM NEGERI ACEH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.892

References

  1. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Darmadi, Hamid. (2011), Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Alfabeta.
  3. Iriawan, Ida. (2013), Analisis Kecenderungan Penelitian Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pacitan. Yogyakarta, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY ISBN : 978-979-16353-9-4.
  4. Hasanah, Mila. (2014), Analisis Kecenderungan Penelitian Skripsi Mahasiswa PGMI Sebagai Revitalisasi Bidang Keahlian Guru MI. AL-ADZKA, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume IV, Nomor 01.
  5. Setyosari, Punaji. (2010), Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  6. Sugiono. (2009), Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
  7. Siswono, Tatag Y. E. Penelitian Pendidikan Matematika., Surabaya: UNESA University Press,di akses http://www.mathematics.web.id/2016/05/penelitian-pendidikan-matematika-by-tatag-yes.html, tanggal 18 Maret 2017 pukul 17:00
  8. Siswono, Tatag Y. E. Makalah Kecenderungan Penelitian Pendidikan Matematika Terkini, diakses
  9. dari https://www.academia.edu/ pada tanggal 20 Maret 2017 pukul 10:00. Hlm 1