Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 5 Tuban pada bidang studi matematika. Salah satu penyebabnya adalah masih dilaksanakannya pembelajaran yang berpusat oleh guru, sehingga siswa menjadi pasif  dan kurang berpartisipasi dalam tugas kelompok pada proses pembelajaran, hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan masalah tersebut, maka dibutuhkan suatu model pembelajaran sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui model pembelajaran kooperatif Teaam Assisted Individualization dengan pendekatan kontesktual. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dengan pendekatan kontekstual. 2). Untuk mendesripsikan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan kontesktual. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dikelas VII F SMP N 5 Tuban Tahun Ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siklus I, siklus II dan siklus III, mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I dikatakan meningkat adanya dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76,40, siklus II 82,30 dan pada siklus III 94,40. Jadi dapat disimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII F SMP N 5 Tuban tahun ajaran 2017/2018.


 

Keywords

Kooperatif Team Assisted Individualization, Pendekatan Kontekstual, Respon, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Lailati, F. (2019). PERERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 19-26. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.895

References

  1. Arifin, Zaenal. 2009. Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya : Lentera Cendekia
  2. Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rinika Cipta
  4. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Reneka Cipta
  5. Johnson, Elaine B.2002. Contextual Teaching & Learning. Californa : Kaifa
  6. Slavin, Robert E. 2005. Cooperatif Learning. London : Allymand Bacon
  7. Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offiset