Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 5 Tuban pada bidang studi matematika. Salah satu penyebabnya adalah masih dilaksanakannya pembelajaran yang berpusat oleh guru, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang berpartisipasi dalam tugas kelompok pada proses pembelajaran, hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan masalah tersebut, maka dibutuhkan suatu model pembelajaran sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui model pembelajaran kooperatif Teaam Assisted Individualization dengan pendekatan kontesktual. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dengan pendekatan kontekstual. 2). Untuk mendesripsikan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan kontesktual. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dikelas VII F SMP N 5 Tuban Tahun Ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siklus I, siklus II dan siklus III, mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I dikatakan meningkat adanya dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76,40, siklus II 82,30 dan pada siklus III 94,40. Jadi dapat disimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII F SMP N 5 Tuban tahun ajaran 2017/2018.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Arifin, Zaenal. 2009. Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya : Lentera Cendekia
- Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rinika Cipta
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Reneka Cipta
- Johnson, Elaine B.2002. Contextual Teaching & Learning. Californa : Kaifa
- Slavin, Robert E. 2005. Cooperatif Learning. London : Allymand Bacon
- Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offiset