Main Article Content
Abstract
Tujuan pendidikan matematika adalah terjadinya perubahan sikap dan tingkah laku siswa yang mencakup terbentuknya pribadi yang bermoral dan memiliki kemampuan berfikir matematis yang berpijak pada pemikiran yang logis dan sistematis. Berdasarkan tujuan pendiidkan matematika diharapkan siswa mengalami perubahan dari bidang akademik dan non akademik seperti moral siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran matematika yang direlevansikan dengan Al-Quran pada materi pecahan dan nilai-nilai karakter apa saja yang muncul dari penerapan pembelajaran matematika berbasis Al-Quran pada materi pecahan. Adapun metodologi penelitian ini yaitu kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTsN Aceh Tamiang. Adapun hasil penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran matematika pada materi pecahan direlevansikan dengan ayat-ayat Al-Quran tentang warisan, pada surat An Nisa ayat 11, 12 dan 176, serta QS Al-Baqarah ayat 267 tentang zakat. Nilai-nilai karakter yang muncul pada penerapan pembelajaran matematika yang direlevansikan dengan pecahan yaitu tanggung jawab, adil dan peduli sosial.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Book
- Dakir. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta
- Mujahidin, Endi, (2005), Pesantren Kilat Alternatif Pendidikan Agama di Luar Sekolah, Jakarta Timur : Pustaka Al-Kautsar
- Riduwan. (2007). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
- Serial / journal article – more than one author (print)
- Ahmad Gunadi, Andi ,(2013), Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini Di Sekolah Raudhatul Athfal (R.A) Habibillah’, Jurnal Ilmiah WIDYA Volume 1 Nomor 2 Juli-Agustus 2013
- Nur Indah sari, Dkk,(2017), Matematika dan Al-Quran untuk membentuk Pendidikan Berkarakter Islami ,Proseding seminar nasional Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
- Sundarini, Sri, (2013, Pendidikan Moral Matematika, Makalah dalam seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4, 9 November 2013
- Salafuddin, (2013), Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika” Penelitian yang ditulis dalam Jurnal Penelitian Vol. 10, No. 1, Mei 2013.