Main Article Content
Abstract
Sebagai guru matematika madrasah ibtidaiyah (MI), maka pengetahuan tentang objek geometri MI merupakan pengetahuan wajib untuk dikuasai. Apabila pengetahuan tentang objek tersebut keliru, maka kemungkinan besar apa yang akan diajarkan kepada anak didik juga akan keliru, jika kekeliruan tersebut tidak disadari, akan berlangsung secara terus menerus dalam waktu yang relatif lama. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan profil penguasaan guru matematika MI Aceh Besar, menganalisis kesalahann guru, menentukan penyebab guru melakukan kesalahan dalam geometri di MI. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tes penguasaan dilakukan terhadap 40 guru; penentuan jenis dan penyebab kesalahan dilakukan melalui wawancara terhadap 3 guru. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Untuk skor kategori penguasaan materi ajar geometri di MI skor rata-rata yaitu 13,75 (38,19%). Untuk kategori penguasaan objek geometri di MI skor rata-rata 9,49 (27,11%). Jenis kesalahan meliputi kesalahan konsep, prinsip dan operasi. Penyebab kesalahan, tidak memahami konsep sumbu simetri, segiempat, tidak memahami prinsip pencerminan; Tidak menguasai sifat segiempat; Tidak terbiasa mengungkapkan definisi dari sebuah konsep; Belum memahami cara mendefinisikan sebuah konsep; Belum menguasai konsep bangun ruang, Belum memahami konsep sisi, rusuk, dan titik sudut bangun ruang; Belum menguasai prinsip menghitung luas bangun datar; Salah memahami soal atau kealpaan.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Clements, D. H., dan Battista, M. T. 1992. Geometry and Spatial Reasoning. Dalam Grouws, D. A. (Ed.). Hand Book of Research on Mathematics Teaching and Learning. New York, Macmillan Publishing Company.
- Kementerian Pendidikan Nasional. 2016. Permendiknas No 24 Tahun 2016. Depdiknas, Jakarta.
- Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika, Dikti, Jakarta.
- Kennedy, I. M., dan Tipps, S. 1994. Guiding Children’s Learning of Mathematics. Seventh Edition, Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.
- Miles, M.B dan Huberman A. Michel. 1992. Analisis Data Kualitatif, Terjemahan Tjejep Rohedi. UI Press, Jakarta.
- Skemp, Richard R. 1982. The Psychology of Learning Mathematics, London University Press.
- Soedjadi. 1992. Orientasi Kepada Kemampuan Yang Transferalde, Media Pendidikan Nasional, No. 2, Th. 1992. IKIP Surabaya.
- Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstantasi keadaan masa kini menuju keadaan masa depan). Dikti, Jakarta.