Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama dalam Mengurangi Kecanduan Gadget pada Siswa
Abstract
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah dan bagaimana pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengurangi kecanduan gadget pada siswa di madrasah Aliyah Al-Wasliyah Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) melihat adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama dalam menngurangi kecanduan gadget pada siswa di madrasah Aliyah Al-Wasliyah Tembung; (2) melihat bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama dalam mengurangi kecanduan gadget pada siswa di madrasah Aliyah Al-Wasliyah Tembung.Penelitian ini akan melakukan pengambilan sekitar 10 (Sepuluh) anak yang memiliki kecanduan gadget yang tinggi kemudian diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan siswa yang memiliki skor kecanduang Gadget yang paling tinggi. Pengumpulan data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa skala kecanduan gadget. Validitas instrument menggunakan rumus product moment dan reabilitas menggunakan rumus alfa cronbach. Analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kesimpulan yakni: (1) Hasil data penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara bimbingan kelompok teknik sosiodrama dengan kecanduan gadget. t (hitung)= 19,561 kemudian dibandingkan dengan t (table)= 2,1009022; (2) Penurunan terlihat melalui hasil kegiatan dengan data pada Pre-Test ditemukan 3 orang masuk pada kategorisasi Sangat tinggi kecanduan Gadget dan 7 orang masuk pada kategorisasi Tinggi kecanduan Gadget. Sementara pada data Post-Test setelah melakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama ditemukan penurunan angka kecanduan dengan 2 orang masuk kategorisasi Sangat Rendah kecanduan Gadget, 7 orang masuk kategorisasi Rendah kecanduan Gadget dan 1 orang masuk kategorisasi Sedang kecanduan Gadget.
Sosiodrama, Kecanduan, Gadget
Downloads
References
Armayanti, L. 2013. Pengaruh Kecanduan Gadget terhadap Kemampuan Bersosialosasi pada Remaja. Jurnal An- Nafs. Vol. 8. No. 2.
Asirotul, M., & Naning, P.S. (2019). Reduce the of Gadgets: Parent’s Coping Strategies for Childreen’s Social Development. International Journal of Nursing and Midwifery Science ( I JNMS) ,Vol. 3
Darnoto, A. R. P. (2016). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Perilaku Seksual Remaja di SMAN “X†Jember. Universitas Jember.
Faiz, N. (2018). Pengaruh Intensitas Anak Mengakses Gadget dan Tingkat Kontrol Orang Tua Anak terhadap Interaksi Sosial Anak SD Kelas Tinggi Di SD 1 Pasuruhan Kidul Kudus Jawa Tengah: Elmentary School Vol 5 (1)
Fauza, W., & Chalidaziah, W. (2021). Konseling Individual dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 43-52. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v2i1.3236
Prayitno dan Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Rochmawati ,R. (2012). Penerapan Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak pada Siswa Kelas VII di SMP Islam Raden Paku Surabaya. Skripsi. Surabaya: IAIN Sunan Ampel
Rosy, B. (2017). Sociodrama Method; Stimulate the Development of Attitudes, Knowledge and Skills of Students in Excellent Service Learning. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 3 (1), 25 – 34
Sari, I. M., & Prajayanti, E. D. (2017). Peningkatan Pengetahuan Siswa SMP tentang Dampak Negatif Game Online bagi Kesehatan. Gemassika, 1(2), 31– 39.
Susanto. A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media Group.
Viega, S. (2015). Sociodrama in the Training of Social Educators An Exploratory Research. The Journal of Psychodrama, Sociometry, and Group Psychotherapy, Vol. 63. No. 1. 47-64 DOI: 10.12926/0731-1273-63.1.47.
Winkel W.S, Hastuti, S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
Yulia, T. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015.
Yuwanto. L. (2012). Development of Mobile Phone Addict Scale. Anima Indonesian Psychological Journal, 27 (4), 211-222
Copyright (c) 2021 Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.