Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri mahasiswi ditinjau dari penggunaan make up. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan komparatif. Data penelitian diperoleh dari skala likert dan uji T-Test. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswi program studi perbankan syariah IAIN Langsa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 105 mahasiswi yang berada pada semester 3 – 7, dengan kategori pengguna make up 65 orang dan 40 orang bukan pengguna make up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi Program Studi Perbankan Syariah memiliki beragam pengkategorian dalam keperayaan diri. Data yang diperoleh untuk mahasiswi yang pengguna make up dengan kategori sedang 78,46%, kategori rendah 21,54% . Selanjutnya yang bukan pengguna make up kategori sedang 82,50%, kategori rendah 12,50%, dan kategori tinggi 5%. Kesimpulan menunjukkan bahwa mahasiswi Program Studi Perbankan Syariah memiliki tingkat kepercayaan diri dalam kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis, pada tingkat kepercayaan diri mahasiswi dilihat dari penggunaan make up tidak ada perbedaan yang signifikan.

Keywords

Kepercayaan diri mahasiswi make up

Article Details

Author Biography

Marimbun Marimbun, Bimbingan dan Konseling Islam, Institut Agama Islam Negeri Langsa

 

 

How to Cite
Marimbun, M., Novita, E., & Siregar, M. (2022). Perbedaan Kepercayaan Diri Mahasiswi Ditinjau dari Penggunaan Make Up. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 11-19. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v3i1.5097

References

  1. Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–170.
  2. Arifing, A. D. (2021). Self Confidence Mahasiswa dalam Berinteraksi dengan Dosen (Analisis Sikap Kurang Percaya Diri Terhadap Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam). Doctoral dissertation, IAIN Parepare.
  3. Azzahra, D. R., Septyanti, R. N., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh Clien-Centered Therapy Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(1), 30–36.
  4. Denich, A. U., & Ifdil, I. (2015). Konsep body image remaja putri. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 55–61.
  5. Faizan, F., Dzuliman, M., & Wahyudin, W. (2020). Penggunaan Metode Sosiodrama dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Siswa dalam Kemahiran Berbicara. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 125–142.
  6. Fatimah, S. (2014). Pengaruh penerapan kode etik mahasiswa terhadap pembentukan kepribadian mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan. Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan.
  7. Fatriansyah, R. (2018). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Dalam Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
  8. Febtriko, A., & Puspitasari, I. (2018). Mengukur Kreatifitas Dan Kualitas Pemograman Pada Siswa Smk Kota Pekanbaru Jurusan Teknik Komputer Jaringan Dengan Simulasi Robot. Rabit: Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), 1–9.
  9. Girindra, A., Weliangan, H., & Pardede, Y. O. K. (2019). Citra Tubuh Dan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Pengguna Kosmetik Wardah. Jurnal Psikologi, 11(2), 143–152.
  10. Gufron, M. N., & Rini. (2010). Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  11. Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan body image dengan kepercayaan diri remaja putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113.
  12. Irman, M., & Fadrul, F. (2018). Analisis pengaruh jenis kelamin, IPK, dan pengalaman kerja terhadap tingkat financial literacy. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 2(1), 41–56.
  13. Jayusman, Y., Jaenal, R., & Fitriani, W. (2021). Sistem Informasi Tindak Lanjut Data Calon Mahasiswa Pada Divisi Marketing:(Studi Kasus: STMIK Bandung). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 31–36.
  14. Krilia, S. P. (2016). Pengaruh tingkat penerimaan diri dan gender role terhadap intensi menggunakan make up. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
  15. Kumalasari, M., Raihana, P. A., & Psi, S. (2019). Kepercayaan Diri Pada Mahasiswi Pengguna Make Up di Surakarta. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  16. Laowe, C. (2019). Perbedaan Self confidence Pada Pengguna Make Up Dan Tidak Menggunakan Make Up Pada Remaja Putri. Doctoral dissertation, Universitas Medan Area.
  17. Lutfi, D. N. (2012). Hubungan antara dukungan teman sebaya dengan kemampuan pemecahan masalah pada santriwati pengurus organisasi pelajar Ppmi Assalaam (Op3mia). Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  18. Marwan, D. (2013). Hubungan percaya diri siswa dengan hasil belajar geografi kelas XI IPS di SMA N 1 Bayang Kabupaten pesisir selatan. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1).
  19. Nufus, N. (2015). Analisis Framing Radar For Ladies (Studi Kasus Harian Umum Radar Banten) Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Komunikasi Islam (S. Kom. I) Pada Fakultas Ushuluddin, Dakwah & Adab Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Doctoral dissertation, IAIN SMH Banten.
  20. Puspitasari, F. (2010). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Citra Raga Dengan Keputusan Membeli Produk Kosmetika Pada Wanita Karir. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  21. Rahman, M. M. (2013). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
  22. Rahmawati, A., & Muslikah. (2021). Kepercayaan Diri pada Mahasiswi Pengguna Kosmetik di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 3(1), 1–6.
  23. Rasmikayati, E., Pardian, P., Hapsari, H., Ikhsan, R. M., & Saefudin, B. R. (2017). Kajian sikap dan perilaku konsumen dalam pembelian kopi serta pendapatnya terhadap varian produk dan potensi kedainya. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 117–133.
  24. Rizki, A. M. (2018). 7 jalan mahasiswa. Jejak Publisher.
  25. Rosyidah, F. N., & Nurwati, N. (2019). Gender dan Stereotipe: Konstruksi Realitas dalam Media Sosial Instagram. Share: Social Work Journal, 9(1), 10–19.
  26. Rukmawati, D. R., & Dzulkarnain, I. (2015). Konstruksi Kecantikan di Kalangan Wanita Karier (di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan). DIMENSI-Journal of Sociology, 8(1).
  27. Safitri, R. A., & Rini, A. S. (2021). Pengaruh Ketergantungan Make-Up Terhadap Kepercayaan Diri pada Remaja Putri. Jurnal Talenta Mahasiswa, 1(2).
  28. Saputra, F. E., Purnomosidi, F., & Musslifah, A. R. (2021). Peran Guru BK dalam Membentuk Positive Self Concept Siswa Kelas XI SMK Sudirman 1 Wonogiri. Doctoral dissertation, Universitas Sahid Surakarta.
  29. Simanjuntak, J. R. (2017). Perbedaan Keterampilan Sosial Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Doctoral dissertation, Universitas Medan Area.
  30. Siregar, N. (2020). Pengaruh Kekerasan Verbal (Verbal Abuse) Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di SMA Ekklesia Medan. Doctoral dissertation, Universitas Medan Area.
  31. Suryani, O. I., & Gunawan, I. M. (2018). Hubungan pemahaman diri dengan sikap percaya diri Pada siswa kelas VIII SMPN 7 Woja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 4(2), 188–191.
  32. Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87–102.
  33. Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
  34. Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi). Acta Diurna Komunikasi, 5(2).
  35. Ulfiyanti, R. (2019). Metode bimbingan agama untuk menumbuhkan rasa percaya diri santri autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus. Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
  36. Ulung, G. (2013). How to be a Make-Up Artist. Gramedia Pustaka Utama.
  37. Wahyuni, S., Erianjoni, E., & Hasmira, M. H. (2018). Makna Cantik di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Angkatan 2015. Jurnal Perspektif, 1(4), 51–57.
  38. Zakaria, S. I. (2011). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Intensi Membeli Kosmetik Pada Mahasiswa. Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang.