Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitianiini untuk meningkatkan etika pergaulan siswa melalui layanani bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik modeling di SMA Negeri 10 Kota Jambi; Jenis penelitian iniaadalah penelitian tindak layanan (PTL); Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika pergaulan dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling diperoleh peningkatan sebesar 84%, Perolehan hasil dari siklus pertama dengan persentase keseluruhan sebesar 43%, Perolehan hasil dari siklus kedua dengan persentase sebesar 63%. Perolehan hasil dari siklus ketiga dengan persentase 84%; Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan etika pergaulan siswa dalam aspek respek, simpati dan kejujuran.

Keywords

Etika Pergaulan, Teknik Modelling, Bimbingan Kelompok

Article Details

How to Cite
Agustin, P., Nelyahardi, N., & Wahyuni, H. (2022). Upaya Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa Melalui Teknik Modelling Dalam Layanan Bimbingan Kelompok . Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 70-77. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v3i2.5242

References

  1. Andriati, Novi, and Novi Hidayati. 2020. “Investigasi Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Tentang Etika Pergaulan Siswa Di Era Digital.” JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 7(2):116–23. doi: 10.17977/um031v7i22020p116.
  2. Arifin, Muhammad, and Harun Rasjid. 2020. “Prosiding Seminar Nasional Sains Analisis Bimbingan Kelompok Dalam Menangani Etika Pergaulan Siswa Di SMA Islam Terpadu Raflesia Depok.” 1(1):31–32.
  3. Dewi, Putri Astri. 2019. “Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa Menggunakan Teknik Psikodrama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan.” 16.
  4. Dunggio, Arifah. 2019. “Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Etika Pergaulan Siswa.” Ilmu Pendidikan 3:46.
  5. Fakhriati. 2021. “Meningkatkan Ketrampilan Etika Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie.” 11(September):118–22.
  6. Gantina, Komalasari, Eka Wahyuni, and Karsih. 2011. Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.
  7. Hartono, Ahmad. 2017. “Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman 5(1):62–66.
  8. Idi, Abdullah. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, Dan Pendidikan. 5th ed. Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Lilliek Suryani. 2017. “Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok.” E-Jurnalmitrapendidikan.Com 1(1):112–24.
  10. Marlian, Dorina. 2021. “Keywords: Student Ethics Association 23.” 1(1):23–29.
  11. Mery, Elisa Anna, Muhammad Asrori, and Indri Astuti. 2019. “Program Bimbingan Kelompok Tentang Etika Pergaulan Yang Sehat Di Kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya.” Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.
  12. Mufid, Muhamad. 2015. Etika Dan Filsafat Komunikasi. 1st ed. Jakarta: Kencana.
  13. Nurhafifah, Jarkawi, and Ahmad Rizkhi Rindhani. n.d. “Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume …. Nomor ….., Tahun Tersedia Online : Https://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/AN-NUR Modeling Untuk Meningkatkan Etika Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 4 Banjar Dipublikasikan Oleh : UPT P.” 1–6.
  14. Pitaloka, Dyah Ayu. 2021. “Layanan Informasi Pribadi Untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Di Sekolah.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 12–14.
  15. Prayitno, and FIP UNP. 2012. Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang.
  16. Rasimin, and Muhamad Hamdi. 2018. Bimbingan Dan Konseling Kelompok. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara.
  17. Rasimin, Rasimin, Affan Yusra, and Hera Wahyuni. 2021. “Penerapan Bimbingan Belajar Berbasis Prinsip-Prinsip Belajar Dalam Islam Untuk Meningkatkan Etika Belajar Siswa.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2):321–32. doi: 10.31004/edukatif.v3i2.262.
  18. Ratna, Lilis. 2013. Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Deepublish.
  19. Repita, Luh Eka, Desak Putu Parmiti, and Luh Ayu Tirtayani. 2016. “Implementasi Teknik Modeling Untuk Meminimalisasi Perilaku Bermasalah Oppositional Defiant Pada Anak Kelompok B.” E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesh 4(2):1–12.
  20. Roshita, Ita. 2014. “Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling.” Jurnal Penelitian Tindak Kelas 16(2):2–7.
  21. Sagala, Syaiful. 2013. Etika & Moralitas Pendidikan Peluang Dan Tantangan. 1st ed. Jakarta: Kencana.
  22. Saleh, Abdul Rahman. 2014. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Prespektif Islam. Jakarta: Kencana.
  23. Satriah, Lilis. 2017. Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Seting Masyarakat). 1st ed. Bandung: Fokusmedia (Anggota IKAPI).
  24. Setianingsih, Sri Wahyu, Alif Rachmah Hidayah, and Dea Hediyati. 2018. “Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling.” Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Di Era Digital 1(1):109–14.
  25. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 27th ed. Bandung: Alfabeta.
  26. Sukmadinata, Nana. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. 9th ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  27. Sutja, Akmal. 2016. Teori Dan Aplikasi Konseling Dari Psikoanalisa Sampai Gestalt. 1st ed. Jambi: WR.
  28. Sutja, Akmal. 2021. Penelitian Tindakan Layanan. 1st ed. Yogyakarta: Wahana Revolusi.
  29. Sutja, Akmal, Emosda, Suparjo Herlambang, and Nelyahardi. 2017. Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling. 1st ed. Yogyakarta: Wahana Resolusi.
  30. Taniredja, Tukiran, Irma Pujiati, and Nyata. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. 5th ed. Bandung: Alfabeta.
  31. Tohirin. 2013. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo.
  32. Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan Dan Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: Andi.
  33. Harahap, L. A. A., & Dewi, I. S. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama dalam Mengurangi Kecanduan Gadget pada Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 98–105. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v2i2.3665
  34. Sitorus, M. W., Badrujaman, A., & Fitri, S. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Permainan Terhadap Penerimaan Diri Siswa/Siswi Kelas X SMAN I Babelan. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(1), 18–23. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i1.1215