Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitianiini untuk meningkatkan etika pergaulan siswa melalui layanani bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik modeling di SMA Negeri 10 Kota Jambi; Jenis penelitian iniaadalah penelitian tindak layanan (PTL); Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika pergaulan dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling diperoleh peningkatan sebesar 84%, Perolehan hasil dari siklus pertama dengan persentase keseluruhan sebesar 43%, Perolehan hasil dari siklus kedua dengan persentase sebesar 63%. Perolehan hasil dari siklus ketiga dengan persentase 84%; Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan etika pergaulan siswa dalam aspek respek, simpati dan kejujuran.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Andriati, Novi, and Novi Hidayati. 2020. “Investigasi Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Tentang Etika Pergaulan Siswa Di Era Digital.†JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 7(2):116–23. doi: 10.17977/um031v7i22020p116.
- Arifin, Muhammad, and Harun Rasjid. 2020. “Prosiding Seminar Nasional Sains Analisis Bimbingan Kelompok Dalam Menangani Etika Pergaulan Siswa Di SMA Islam Terpadu Raflesia Depok.†1(1):31–32.
- Dewi, Putri Astri. 2019. “Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa Menggunakan Teknik Psikodrama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan.†16.
- Dunggio, Arifah. 2019. “Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Etika Pergaulan Siswa.†Ilmu Pendidikan 3:46.
- Fakhriati. 2021. “Meningkatkan Ketrampilan Etika Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie.†11(September):118–22.
- Gantina, Komalasari, Eka Wahyuni, and Karsih. 2011. Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.
- Hartono, Ahmad. 2017. “Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin.†Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman 5(1):62–66.
- Idi, Abdullah. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, Dan Pendidikan. 5th ed. Jakarta: Rajawali Pers.
- Lilliek Suryani. 2017. “Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok.†E-Jurnalmitrapendidikan.Com 1(1):112–24.
- Marlian, Dorina. 2021. “Keywords: Student Ethics Association 23.†1(1):23–29.
- Mery, Elisa Anna, Muhammad Asrori, and Indri Astuti. 2019. “Program Bimbingan Kelompok Tentang Etika Pergaulan Yang Sehat Di Kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya.†Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.
- Mufid, Muhamad. 2015. Etika Dan Filsafat Komunikasi. 1st ed. Jakarta: Kencana.
- Nurhafifah, Jarkawi, and Ahmad Rizkhi Rindhani. n.d. “Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume …. Nomor ….., Tahun Tersedia Online : Https://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/AN-NUR Modeling Untuk Meningkatkan Etika Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 4 Banjar Dipublikasikan Oleh : UPT P.†1–6.
- Pitaloka, Dyah Ayu. 2021. “Layanan Informasi Pribadi Untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Di Sekolah.†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 12–14.
- Prayitno, and FIP UNP. 2012. Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang.
- Rasimin, and Muhamad Hamdi. 2018. Bimbingan Dan Konseling Kelompok. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara.
- Rasimin, Rasimin, Affan Yusra, and Hera Wahyuni. 2021. “Penerapan Bimbingan Belajar Berbasis Prinsip-Prinsip Belajar Dalam Islam Untuk Meningkatkan Etika Belajar Siswa.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2):321–32. doi: 10.31004/edukatif.v3i2.262.
- Ratna, Lilis. 2013. Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Deepublish.
- Repita, Luh Eka, Desak Putu Parmiti, and Luh Ayu Tirtayani. 2016. “Implementasi Teknik Modeling Untuk Meminimalisasi Perilaku Bermasalah Oppositional Defiant Pada Anak Kelompok B.†E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesh 4(2):1–12.
- Roshita, Ita. 2014. “Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling.†Jurnal Penelitian Tindak Kelas 16(2):2–7.
- Sagala, Syaiful. 2013. Etika & Moralitas Pendidikan Peluang Dan Tantangan. 1st ed. Jakarta: Kencana.
- Saleh, Abdul Rahman. 2014. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Prespektif Islam. Jakarta: Kencana.
- Satriah, Lilis. 2017. Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Seting Masyarakat). 1st ed. Bandung: Fokusmedia (Anggota IKAPI).
- Setianingsih, Sri Wahyu, Alif Rachmah Hidayah, and Dea Hediyati. 2018. “Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling.†Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Di Era Digital 1(1):109–14.
- Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 27th ed. Bandung: Alfabeta.
- Sukmadinata, Nana. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. 9th ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sutja, Akmal. 2016. Teori Dan Aplikasi Konseling Dari Psikoanalisa Sampai Gestalt. 1st ed. Jambi: WR.
- Sutja, Akmal. 2021. Penelitian Tindakan Layanan. 1st ed. Yogyakarta: Wahana Revolusi.
- Sutja, Akmal, Emosda, Suparjo Herlambang, and Nelyahardi. 2017. Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling. 1st ed. Yogyakarta: Wahana Resolusi.
- Taniredja, Tukiran, Irma Pujiati, and Nyata. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. 5th ed. Bandung: Alfabeta.
- Tohirin. 2013. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo.
- Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan Dan Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: Andi.
- Harahap, L. A. A., & Dewi, I. S. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama dalam Mengurangi Kecanduan Gadget pada Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 98–105. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v2i2.3665
- Sitorus, M. W., Badrujaman, A., & Fitri, S. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Permainan Terhadap Penerimaan Diri Siswa/Siswi Kelas X SMAN I Babelan. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(1), 18–23. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i1.1215