Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang menghambat penyelesaian studi mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling di salah satu Universitas pada provinsi Aceh. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa dengan kriteria dari jurusan Bimbingan dan Konseling, dan telah melewati masa studi normal yaitu 4 tahun. Jumlah subjek adalah 19 orang mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara. Berdasarkan pada hasil penelitian, bahwa mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling yang terlambat menyelesaikan studi dipengaruhi oleh faktor internal yaitu kurangnya motivasi belajar, kesehatan, manajemen waktu, dan kemampuan. Selanjutnya dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu dukungan keluarga, pemgaruh teman sebaya, bimbingan, administrasi skripsi, dan referensi mengerjakan skripsi. Adapun faktor yang mendominasi adalah faktor internal yaitu kurangnya motivasi belajar.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Baharudin. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
- Fachrurrozi, Kiswanto, & Asrori. (2018). Analisis Kendala dan Percepatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 28(1), 66–85.
- Hafizh, F., Manyu, A., Deniati, K., Indrawati, L., Keperawatan, I., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Indonesia, M. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepercayaan Diri Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Di Stikes Medistra Indonesia. 5(1), 1–8.
- Ihsan, H., & Zaki, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Menghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa FMIPA UNM. Jurnal SCIENTIFIC PINISI, 1(1), 25–33.
- Inayatul’ain, E. S. (2018). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Menyusun Skripsi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 385–395.
- Jannah, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2015). Hubungan Kecanduan Game dengan Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 200. https://doi.org/10.24036/02015446473-0-00
- Mariyanti, S. (2013). Model Strategi Coping Penyelesaian Studi Sebagai Efek. Jurnal Psikologi, 11(2).
- Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.
- Mendari, A. S., & Kewal, S. S. (2016). Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10304
- Muntamah, M., & Ariati, J. (2017). Hubungan Antara Kelekatan Terhadap Teman Sebaya Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Trucuk Klaten. Jurnal EMPATI, 5(4), 705–710. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15446
- Santrock, J. W. (2019). Adolescence ( Seventeenth Edition).
- Sugito, S., Soenarto, S., & Tohani, E. (2017). Evaluasi Proses Bimbingan Skripsi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Berdasarkan Perspektif Pembelajaran Orang Dewasa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 2(February), 56–63.