Main Article Content

Abstract

Bimbingan dan konseling memegang peranan yang sangat penting dalam pendidikan, yaitu membantu setiap siswa untuk berkembang secara optimal. Minimnya pengetahuan siswa tentang bimbingan dan konseling mengakibatkan belum optimalnya pemanfaatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah oleh siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi motivasi siswa dalam mengikuti layanan klasikal di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Motivasi itu sendiri dapat berasal dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal). Penelitian ini dibatasi pada faktor-faktor yang memotivasi siswa dalam memanfaatkan layanan klasikal di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Faktor yang diteliti adalah tingkat motivasi faktor eksternal dengan tiga indikator yaitu fasilitas sekolah, guru bimbingan konseling dan pengaruh teman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara umum berdasarkan persentase indikator, fasilitas sekolah (18,62%), guru BK (12,05%), dan pengaruh teman (23,23%). Dari hasil penelitian ini disarankan perlu adanya penyediaan fasilitas yang lebih baik untuk menunjang keberhasilan program konseling di sekolah.

Keywords

motivasi belajar uji faktor siswa sekolah

Article Details

How to Cite
Kumala, S. (2024). Faktor-Faktor Motivasi Siswa untuk Mengikuti Layanan Klasikal di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(02), 114-121. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v5i02.6233

References

  1. Afni, N., Hastati, S., Wahid, A. (2018). Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).
  2. Annisa, W. (2021). Buku Ajar: Mata Kuliah Dinamika Psikologi Umum. http://digilib.unisayogya.ac.id/4848/1/Buku Ajar - Dinamika Psikologi Umum.pdf
  3. Fauzi, T. (2019). Psikologi Konseling. Tira Smart
  4. Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121
  5. Hardiwinarto. (2019). Evaluasi Bimbingan dan Konseling. UNY Press.
  6. Herawati, Anita. (2020). Monograf Analisis Hubungan Pengetahuan Dan Motivasi Untuk Melakukan Vaksinasi Hpv. CV. Pena Persada.
  7. Hikmawati, Fenti. (2012). Bimbingan Konseling. PT Rajagrafindo Persada.
  8. Jahja, Yudrik. (2015). Psikologi Perkembangan. Prenamedia Group.
  9. Kemendikbud. (2016). Pedoman Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. diunduh 16 Maret 2023. https://bk.unipasby.ac.id/wp-content/uploads/2018/04/pob-pedoman-bk-pdm.pdf
  10. Kompri. (2019). Motivasi Pembelajaran : Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja Rosdakarya.
  11. Luddin, Abu Bakar M. (2010). Dasar-Dasar Konseling Tinjauan Teori dan Praktik. Citapustaka Media Perintis.
  12. M Amri, N. (2018). Posisi Dan Urgensi Bimbingan Konseling Dalam Praktik Pendidikan. Jurnal Warta, edisi 58(Oktober), 1–17. https://media.neliti.com/media/publications/290572-pengaruh-harga-dan-kualitas-produk-alat-b311011c.pdf
  13. Mulyadi, Mohammad. (2010). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Serta Praktek Kombinasinya Dalam Penelitian Sosial. Nadi Pustaka.
  14. Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik
  15. Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI, 1–45. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014.pdf
  16. Prayitno & Erman Anti. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta
  17. Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. UNP.
  18. Romadhon, A. F., (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat dan Motivasi Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Siswa SMA Negeri 10 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
  19. Santrock, J.W,. (2015). Psikologi Pendidikan. Prenadamedia Group.
  20. Subening, S. (2020). Metode Bimbingan Konseling Di Era New Normal (Teori dan Aplikasi Bimbingan Konseling pada Siswa). Istana Media.
  21. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  22. Sutja, Dkk. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling. Penerbit Wahana Resolusi.
  23. Syukur, Dkk. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. CV IRDH.
  24. Tanjung, Sahrul. (2021). Bimbingan Konseling Islami Di Pesantren. UMSU Press.
  25. Uno, H.B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis dalam Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara.
  26. Wahid, F.S., Yasin., Alim, M. (2021). Manajemen Kelas. Penerbit Lakeisha.