Main Article Content

Abstract

Abstract


This research investigates the feeling of inferiority, which is the lack of self-confidence in students that affects social skills. This study aims to: 1) describe the feelings of inferiority of students before and after implementing individual psychological counseling with the Adlerian approach and 2) test the effectiveness of individual psychological counseling services with the Adlerian approach in overcoming feelings of inferiority. This experimental quantitative research was designed with a one-group pretest-posttest with a population of 8 students, a sample of 4 students, and research data were analyzed using sampling techniques, percentage techniques, and a t-test using a questionnaire as a research instrument. Through the results of hypothesis testing, which is tcount is preponderant than ttable (6.666 > 1.894), Ha is accepted while Ho is rejected. Moreover, the results of the study show that: 1) there are differences in feelings of inferiority before and after the implementation of individual psychological counseling with the Adlerian approach in Class X Electronics 2 SMKN 5 Padang and 2) the Adlerian approach proved effective in overcoming feelings of inferiority, indicating that there are differences after the Adlerian approach is implemented


Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh feeling of inferiority, yaitu kurangnya rasa percaya diri pada peserta didik sehingga mempengaruhi kemampuan bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan feeling of inferiority peserta didik sebelum dan sesudah dilaksanakannya konseling psikologi individual dengan pendekatan Adlerian serta 2) menguji efektivitas layanan konseling psikologi individual pendekatan Adlerian dapat mengatasi feeling of inferiority. Penelitian kuantitatif eksperimen ini di desain dengan one-group pretest-postest dengan populasi sebanyak 8 peserta didik, sampel 4 peserta didik, dan data penelitian dianalisis menggunakan teknik sampling, teknik persentase, dan uji-t menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Melalui hasil uji hipotesis, yaitu thitung lebih besar dari ttabel (6.666 > 1.894), sehingga Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Sehingga, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan feeling of inferiority sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling psikologi individual pendekatan Adlerian di Kelas X Elektronika 2 SMKN 5 Padang serta 2) pendekatan Adlerian terbukti efektif dalam mengatasi perasaan rendah diri, hal ini menunjukkan adanya perbedaan setelah pendekatan Adlerian diterapkan.

Keywords

konseling psikologi individual rendah diri

Article Details

How to Cite
Ata, S. S. W., Triyono, & Dianto, M. (2024). Efektivitas Pelaksanaan Konseling Psikologi Individual Pendekatan Adlerian dalam Mengatasi Feeling of Inferiority Peserta Didik di SMK N 5 Padang. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 58-70. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v5i1.6906

References

  1. Agustina, Ida, And Retno Lukitaningsih. 2014. Penerapan Strategi Reframing Untuk Mengurangi Perasaan Rednah Diri Siswa Kelas Vii-H Smp Negeri 1 Jogoharjo Ngawi. Jurnal Bk 4(3): 710–17.
  2. Akbar, P.S., & Usman. 2008. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Bachtiar, Defri. 2020. Efektivitas Pendekatan Konseling Kelompok Adler untuk Mengatasi Rasa Rendah Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Ikasari Pekanbaru.:140. Https://Repository. Uin-Suska.Ac.Id/27270/.
  5. Chaniago, Berlian Navisa, Rahma Wira Nita, And Triyono.2022. Media Biblio Eduksi Berbasis Identifikasi Maladjustment Konseling Psikologi Individual Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk) 4.5: 2412-2418.
  6. Defri Bachtiar. 2020. Efektivitas Pendekatan Konseling Kelompok Adler Untuk Mengatasi Rasa Rendah Diri Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Ikasari Pekanbaru. Skripsi Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
  7. Fatwikiningsih, N. 2020. Teori Psikologi Kepribadian Manusia. Penerbit Andi.
  8. Farhan. 2020. Individual Psychology Counseling Approach To Increase Student Self-Acceptance. Journal of Counseling, Education and Society 1.2 : 42-46.
  9. Gibson, Robert L. & Marianne H.Mitchell. 2011. Bimbingan dan konseling. Buku penerbit Pustaka Pelajar.
  10. Jaenudin, Ujam. 2015. Dinamik Kepribadian (Psikodinamik). Bandung : Pustaka Setia.
  11. Kenchappanavar, R.N. (2012). Relationship between Inferiority Complex and Frustration in Adolescents. IOSR Journal of Humanities and Social Science, (Online), Vol.2, issue2, 1-5, (www.iosrjournals. org, diakses pada 22 Juni 2014).
  12. Lusiana Eko Dewi Amborowati Dra. Lydia Ersta K., S.Pd. M.Pd. 2017. Peran Konseling Individual Melalui Pendekatan Clien Centered Theraphy Dalam Menangani Siswa yang Menarik Diri Di Smp Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017.
  13. Munawarah R.A., Raja Rahima. 2017. Feeling of Inferiority Siswa Obesitasdi Smpi Khaira Ummah Padang. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender 16(1): 32.
  14. Natawidjaja,Rochman. (1987). Pendekatan - pendekatan Penyuluhan Kelompok. Bandung : Diponegoro.
  15. Nawawi, Hadari.2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
  16. Noor, J. 2011. Metode Penelitian. Jakarta : Prenada Media.
  17. Permatasari, Rini Fitriani , Rima Nur Hidayati, Irwina Dyah Apriani, Muhammad Zulkifli.2017. Positive untuk mengurangi inferiority feeling. 42- 49.
  18. Prayitno. 1998. Konseling Panca Waskita, PSBK. FIK IKIP Padang.
  19. Ridwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Pemula. Bandung : Alfabeta.
  20. Ristiana, Evi, And Galih Fajar Fadilah. 2020.Pengaruh Bimbingan Islami Terhadap Inferiority Feeling Anak Pinggiran Di LSM Pemberdayaan Perempuan Dan Anak Pinggiran (PPAP) Seroja. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.1: 21-30.
  21. Sadarjoen, S.S. 2005. Konflik Marital: Pemahaman Konseptual, Actual dan Alternative Solusinya. Bandung: Refika Aditama.
  22. Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I IlmuPerkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta :Sagungseto.
  23. Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
  24. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. buku penerbit ALFABETA Bandung.
  25. Sulaiman, Lutfi, And Wiryo Nuryono. 2018. penerapan konseling pendekatan adlerian untuk mengurangi perilaku membolos siswa ma mujtahidin kepung kediri tahun ajaran.
  26. Sumadi Suryabrata. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  27. Saragi, Muhammad Putra Dinata. 2020. Buku Ajar Pendekatan Teknik dalam Konseling.
  28. Winkel, W.S, Hastuti Sri. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : Media Abadi.
  29. Yusuf, A.M 2005. Metodologi Peneltian. Padang : UNP Press: 124. Jurnal Fokus Konseling6:12–18. Https://Doi.Org/10.26638/Jfk.983.2099