Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang memahami gaya belajar yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya belajar peserta didik. Selanjutnya dilakukan perancangan program bimbingan dan konseling pengembangan bidang belajar berbasis gaya belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Populasi dan sampel penelitian adalah Kelas Fase F1 dan Fase F2 dengan teknik Totality Sampling. Hasil penelitian mengungkap bahwa; 1) Gaya belajar visual berada pada kategori tinggi, 2) Gaya belajar auditorial berada pada kategori tinggi. 3) gaya belajar kinestetik berada pada kategori cukup tinggi. Rancangan program layanan bimbingan dan konseling bidang pengembangan belajar berbasis gaya belajar pada peserta didik Kelas Fase F di SMA Negeri 2 Bayang berupa layanan langsung dengan topik terkait dengan masalah yang dialami peserta didik. Penelitian ini direkomendasikan untuk guru Bimbingan dan Konseling untuk membuat rancangan sesuai gaya belajar peserta didik.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- gaya belajar dan rancangan program layanan bimbingan dan konseling