Main Article Content

Abstract

Kecanduan akan smartphone yang mengakibatkan bagi penggunanya takut akan ketinggalan-ketinggalan fitur yang terdapat di dalamnya.  Penelitian ini  bertujuan untuk mencari tahu efek negatif dari fomo yang terjadi pada manusia serta memberikan solusi untuk menurunkan dampak dari fomo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  yang bersifat fenomenologi. Informan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa sebanyak 5 orang yang masuk kategori dampak fomo. Pengumpulan data diperoleh dari hasil triangulasi dan dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian diperoleh bahwa dampak dari fomo yang alami oleh mahasiswa yaitu mengganggu aktivitas, insomnia dan terganggunya kesehatan. Mengurangi dampak fomo tersebut maka konseling kelompok dengan pendekatan SFBT adalah salah satu metode yang ampuh untuk menurunkan dampak dari fomo.

Keywords

Fomo, Konseling Kelompok , SFBT

Article Details

How to Cite
Suryani, I., & Silvianetri. (2024). ANALISIS DAMPAK FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 31-38. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v5i1.8840

References

  1. Afina, S. N., Zetha, C. M., Abdillah, G. H., & Murdiana, V. (2024). Analisis Adiksi Tren Di Internet Terhadap Perubahan Tingkah Laku Generasi Muda. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 2(1), 185–195. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v2i1.2714
  2. Annisa Eka Syafrina, & Genta Nurfajri. (2021). Penggunaan Media Komunikasi Smartphone dalam Kegiatan Belajar Mengajar Mahasiswa FIKOM UBHARA Jaya di Masa Pandemi. Communicator Sphere, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.55397/cps.v1i2.16
  3. Ariston, Y., Guru, P., & Dasar, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan. 1(2), 86–91.
  4. Ayuningtyas, R. F., & Wiyono, B. D. (2020). Studi Mengenai Kecanduan Internet dan Fear of Missing Out (FoMO) pada Siswa di SMK Negeri 1 Driyorejo. Jurnal BK UNESA, 11(4), 413–419. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/33592
  5. Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. ., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan smartphone dalam menunjang aktivitas perkuliahan oleh mahasiswa fispol unsrat manado. E-Journal “Acta Diurna,” 6(1), 1–15.
  6. FitriyahFitriyah, Erfan Ramadhani, S. P. S. (2021). Konseling Singkat Berfokus Solusi Untuk Mengurangi Burnoutselama Belajar Dari Rumah Pada Siswa. Counsenesia Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 2(2).
  7. Hafni, R. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Online. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 601–611.
  8. Hetz, P. R., Dawson, C. L., & Cullen, T. A. (2015). Social Media Use and the Fear of Missing Out (FoMO) While Studying Abroad. Journal of Research on Technology in Education, 47(4), 259–272. https://doi.org/10.1080/15391523.2015.1080585
  9. Hodkinson, C. (2019). ‘Fear of Missing Out’ (FOMO) marketing appeals: A conceptual model. Journal of Marketing Communications, 25(1), 65–88. https://doi.org/10.1080/13527266.2016.1234504
  10. Indah, A. P., & Maulana, D. A. (2022). Model Dinamika Kecanduan Media Sosial : Studi Kasus Kecanduan Tiktok Pada Mahasiswa Fmipa Unesa. MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika, 10(1), 131–139. https://doi.org/10.26740/mathunesa.v10n1.p131-139
  11. Lisnawati, L., Ganda, N., & Hidayat, S. (2021). Dampak Game Online Free Fire pada Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 840–850. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41750
  12. Mao, J., & Zhang, B. (2023). Differential Effects of Active Social Media Use on General Trait and Online-Specific State-FoMO: Moderating Effects of Passive Social Media Use. Psychology Research and Behavior Management, 16, 1391–1402. https://doi.org/10.2147/PRBM.S404063
  13. Martapura, S. (2023). Hubungan Fomo Dan Anxiety Terhadap Remaja Adiksi Medsos Di Smkn 1 Martapura. 17(1978), 1225–1238.
  14. Neli Azmi. (2019). “Hubungan Antara Fear Of Missing Out (Fomo) Dengan Kecanduan Media Sosial Pada Mahasiswa.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
  15. Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
  16. Novita Sari, I., Silvianetri, & Syafwar, F. (2022). Dampak Kecanduan Game Online pada Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan BK. Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(2), 1–14. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/al-kaaffah
  17. Nurdin, M. A., Arsin, A. A., & Thaha, R. M. (2018). Kualitas Hidup Penderita Insomnia Pada Mahasiswa. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 14(2), 128. https://doi.org/10.30597/mkmi.v14i1.3464
  18. Pranoto, B., & Walisyah, T. (2023). Analisis Fenomena Perilaku Phubbing terhadap Rendahnya Kualitas Pergaulan Remaja di Kecamatan Hinai. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5077–5084. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2212
  19. PUTRI, A. M. (2023). Pengaruh Perilaku Digital Minimalism Terhadap Konsep Diri Positif Pada Mahasiswa Universitas Lampung. Universitas Lampung.
  20. Rasam, R. A., & Utami, R. A. (2020). Efektivitas Swedish Massage Terhadap Kualitas Tidur Dan Tingkat Insomnia Lansia. KOSALA : Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2), 97. https://doi.org/10.37831/kjik.v8i2.195
  21. Yadi, H. F., Firman, F., & Netrawati, N. (2023). The Effectiveness of Group Counseling Using a Humanistic Existential Approach in Reducing FOMO Learning in the New Normal Era. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 260–272. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i2.18073
  22. Yanti, N., & Silvianetri. (2020). Dampak Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SDIT Madani Islamic School Payakumbuh. IBTIDA’IY : Jurnal Prodi PGMI, 7(2), 49–55. http://journal.ummat.ac.id/index.php/ibtidaiy