Main Article Content

Abstract

Ketersediaan perangkat pembelajaran merupakan salah satu indikator guru telah menyusun rencana pembelajaran dengan baik. Namun, perangkat pembelajaran yang ada belum memicu kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif. Keefektifan terlihat pada hasil respon positif peserta didik yaitu 89,5% dan hasil tes belajar peserta didik pada indikator kelancaran mencapai 97,7%, keluwesan mencapai 86,7%, dan keaslian mencapai 23,5%, sehingga kemampuan berpikir kreatif berada pada tingkat 3 (kreatif).


 

Keywords

Kata Kunci: Model pembelajaran Treffinger, Kemampuan berpikir kreatif, Perangkat Pembelajaran.

Article Details

References

  1. Saputra, H. (2018, July 30). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/5ZNUK
  2. Dwijanto. (2007).Pengaruh pembelajaran berbasis masalah berbantuan komputer terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematik mahapeserta didik. (Disertasi). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
  3. Robinson, J. R. (2011). Webster’s dictionary definition of creativity. Online Journal for Workforce Education and Development, 3(2), 34-47.
  4. Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta didik melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 12-27.
  5. Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Sari, D. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 868-872).
  6. Wirahayu, Y. A., Purwito, H., & Juarti, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan Ketrampilan Berpikir Divergen Mahapeserta didik. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 23(1), 30-40.
  7. Treffinger, D. J. (1980). Encouraging creative learning for the gifted and talented: A handbook of methods and techniques. National/State Leadership Training Institute on the Gifted and the Talented: Ventura County Superintendent of Schools Office.
  8. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  9. Titin, T. (2016). Penyusunan perangkat pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 7(1), 45-56.
  10. Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran : Implementasi, Konsep, Karakteristik, Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta : Teras
  11. Zuhdan, K., & Tim. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Yogyakarta: UNY.
  12. Nurjaya. (2013). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Bermuatan Pendidikan Karakter sesuai Amanat Kurikulum 2013 pada Guru-guru Sekolah Dasar Nomor 1. Kapal. Universitas Ganesha Singaraja: Bali.
  13. Branch, R.M.(2009).Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media, LLC.
  14. Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan [Aplikasi Pada penelitian Pendidikan Matematika]. Jember : Pena Salsabila
  15. Ihksan, M. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Peserta didik Smp Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(2), 164-172.
  16. Siswono, T. Y. E. (2007). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Peserta didik dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Surabaya.
  17. Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher
  18. Johnson, S. (2011). Where good ideas come from: the seven patterns of innovation. Penguin UK.
  19. Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
  20. Pehkonen, E. (1997). The state-of-art in mathematical creativity. ZDM, 29(3), 63-67.
  21. Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah Disajikan Pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado, 30 Juni-3 Juli 2010. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.