Main Article Content
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah belum tuntasnya belajar siswa pada pokok
bahasan gerak pada tumbuhan pada siswa kelas VIII.1 MTS Negeri Langsa.
Berdasarkan teori belajar, untuk memecahkan masalah tersebut maka peneliti
mencoba menerapkan metode latihan terbimbing dalam proses pembelajaran.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas metode latihan
terbimbing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII.1 MTS Negeri
Langsa pada materi Gerak pada tumbunhan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian
ini dilaksanakan di MTS Negeri Langsa pada siswa kelas VIII.1 Tahun Ajaran
2014/2015 yang terdiri dari 36 orang Siswa. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Dari masing-masing siklus diperoleh
data berupa hasil observasi dan hasil evaluasi yang dianalisis secara kualitatif dan
kuantitatif. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang
digunakan, apabila 85 % dari seluruh siswa telah memperoleh 75, maka
hipotesis diterima. Dari hasil pengolahan data tersebut, diperoleh persentase
ketuntasan belajar pada Siklus I sebesar 61,1 %, pada Siklus II sebesar 97,2 %,.
Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pada tiap-tiap siklus. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode latihan terbimbing dapat
meningkatkan Hasil belajar siswa kelas VIII.1 MTs Negeri Langsa pada materi
Gerak pada tumbuhan Tahun Ajaran 2014/2015.
Keywords
Article Details
Author who publishes in the At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan ISSN: 2086-9754 (Print), 2086-9754 (Online) agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.