Main Article Content

Abstract

Al-Qur’an, sebuah kitab yang unik, orisinil dan berharga. Sebuah kitab yang kaya akan sastra maupun irama. Sebuah kitab yang menjadi pijakan utama dalam beragama. Sebuah kitab yang mengandung banyak kata, qira’at maupun makna. Dan sebuah kitab yang akan terus membimbing kita semua. Kepada jalan yang diridlai-Nya.


Al-Quran sebagai kitab yang diturunkan untuk petunjuk arah bagi manusia, sudah seharusnya dapat dipahami oleh seluruh manusia yang notabene beragam-macam bahasa. Al-Qur’an menggunakan bahasa Arab yaitu bahasa yang elastis luar dalamnya. Ia bisa diucapkan dalam berbagai bentuk cara dan mempunyai beraneka ragam makna. Memahami al-Qur’an diperlukan ilmu tafsir, yaitu sebuah seperangkat ilmu yang digunakan dalam membaca dan memahami al-Qur’an. Tafsir muncul berbarengan dengan al-Qur’an ada yaitu ketika ia diwahyukan kepada nabi Muhammad SAW.

Keywords

Al-Qur’an Tafsir Nabi SAW

Article Details

How to Cite
Hariyanto, A. (2017). Tafsir Era Nabi Muhammad SAW. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir , 1(1), 70-93. https://doi.org/10.32505/at-tibyan.v1i1.33